Ini Persyaratan Yang Diajukan Pemerintah Jika Ada Orang Asing Yang Mau Beli Pulau Di Indonesia…

pulau-gambar-dijual

Jual beli pulau di Indonesia yang ada di medsos-medsos itu kira-kira bener apa enggak sih..??? itu kira-kira pertanyaan kita sebagai rakyat Indonesia saat melihat sebuah iklan yang menginformasikan bahwa ada pulau di Indonesia yang ditawarkan ke publik…

Menteri ATR (agraria dan tata ruang) Sofyan Djalil mengatakan

” Kalau ada orang kaya yang punya duit banyak lalu pengen punya pulau pribadi…silahkan tak masalah…selama itu diatur, disewakan dengan harga mahal tidak apa, kan malah memberi manfaat…”

Jika ada orang Indonesia atau orang asing yang ingin membeli pulau harus menaati Peraturan Menteri ATR/Kepala Badan Pertanahan Nasional No. 17 tahun 2016 tentang Penataan Pertanahan di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil…

pulau-mentawai-dijual pulau-dijual

Pada Permen No. 17 tahun 2016 Bab IV pasal 9 ayat (2) menyebut pemberian hak atas tanah di pulau-pulau kecil harus memperhatiakn ketentuan sebagai berikut :

  1. Penguasaan atas pulau-pulau kecil paling banyak 70% dari luas pulau atau sesuai dengan arahan rencana tata ruang wilayah provinsi/kabupaten/kota dan atau rencana zonasi pulau kecil tersebut.
  2. Sisa paling sedikit 30 % luas pulau kecil yang ada dikuasai oleh negara dan digunakan dan dimanfaatkan untuk kawasan lindung, area publik atau kepentingan masyarakat umum.
  3. Harus mengalokasikan 30 % dari luas pulau untuk kawasan lindung.

Jadi pulau itu bukan dijual pulaunya tapi tanahnya bisa dikelola, bisa menggunakan izin Hak Guna Bangunan 30 tahun dan dapat diperpanjang 20 tahun…Izin hak pakai gitu lo…

pulau-dijual pulau-dijual1

Tapi pertanyaannya apakah akan seperti itu fakta di lapangan nantinya..??? Apa enggak  seluruh pulau dimonopoli oleh yang punya izin, lha wong uang yang kebanyakan berbicara…betul..?????

Iklan

Tentang oldrider

KeepBrotherhood & Peace
Pos ini dipublikasikan di NEWS dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s