Seperti apa sih kesibukan Tim Logistik MotoGP setiap balapan berlangsung…???

Motogp Truck

Mungkin ada yang bertanya tentang seberapa sibuknya orang-orang yang terlibat dalam setiap Event sekeliber Motogp, terutama tentang truk-truk pengangkut logistik ketika balapan akan segera berlangsung.Jika kita ingin mengetahui lebih detail di balik setiap paddock tim peserta MotoGP, kamu bisa terkagum-kagum melihat kinerja para kru logistik yang begitu sibuknya di setiap minggu demi menyiapkan segala kebutuhan logistik sebelum dan sesudah balapan berlangsung

Motogp Truck
Setiap musim MotoGP, seperti tahun ini yang dijadwalkan dimulai sejak Qatar pada 20 Maret 2016 dan berakhir di Valencia pada 6 November 2016 mendatang, perusahaan logistik yang disewa pihak penyelenggara event mesti menyiapkan segala kebutuhan logistik yang diperlukan. Mulai dari sesi ujicoba motor di setiap lintasan balap pada setiap serinya, segala keperluan manajemen dari setiap tim balap, serta untuk Dorna Sports sendiri selaku pihak penyelenggara.

Seberapa banyak Waktu yang diperlukan untuk berkemas dan berpindah dari setiap negara, kenegara yang lain bahkan melewati beberapa benua dimana mereka akan memboyong sedikitnya 300 ton peralatan dengan menggunakan beberapa pesawat kargo dengan waktu yang dibutuh kurang dari 24 jam. Khusus untuk acara di luar benua Eropa, Dorna Sports bertanggung jawab untuk urusan transportasi di setiap paddock, termasuk motor operasional dan kebutuhan mereka, secara keseluruhan peralatan tim dan peralatan ujicoba motor, termasuk mengoptimalkan pengangkutan safety car BMW yang ditumpuk mirip mainan pada rak di pesawat kargo. Sementara untuk event di dalam benua Eropa, setiap tim balap menggunakan truk mereka sendiri masing-masing untuk mengangkut motor dan logistiknya dari balapan keseri demi seri.

Motogp Truck

Menurut Direktur Operasional Dorna Sports Carles Jorba, kegiatan logistik di MotoGP menyita jam kerja cukup panjang bahkan kerap mengorbankan jam tidur mereka malam hari guna memastikan bahwa semua keperluan sampai tepat pada waktunya.

“ Pekerjaan kami sama seperti pekerjaan lainnya, karena kita berada di sini untuk sebuah olahraga yang kita cintai ini. Jadi seberapapun kesibukan kita maka tak ada artinya jika pekerjaan kita untuk kesenangan banyak orang. ”

(Carles Jorba telah bekerja dibidang operasional Motogp selama 20 tahun terakhir)

Setiap tim dari pabrikan manapun mengangkut peralatan mereka masing-masing, pemandangan ini sangat menakjubkan dimana banyak terlihat custom-made yang digunakan untuk mengangkut setiap bagian terkecil mulai dari kotak pit, peralatan di garasi, tenda tim, dan sebagainya. Setelah itu semuanya dikemas dan diberi label berbentuk barcode yang dikeluarkan oleh International Road Racing Teams Association (IRTA), kemudian setiap kru logistik langsung memindahkan semua perlengkapan yang sudah dilabeli tadi ke salah truk pengangkut untuk kemudian diantar ke bagasi pesawat kargo untuk kemudian berpindah untuk event selanjutnya.

Motogp Truck

Setiap pesawat kargo yang memuat seluruh kebutuhan logistik MotoGP menerapkan cara pengepakan dengan standart yang tinggi untuk mengoptimalkan muatan yang akan dikirim. Menempatkan setiap sudut dan celah setiap rak khusus untuk penempatan peti/boks peralatan serta perkakas lainnya dengan sangat rapi dan optimal. Kemudian membongkar-muat seluruh logistik MotoGP setibanya di bandara, supaya tidak membuang waktu sedikit pun untuk segera diangkut menuju sirkuit setempat dimana event akan berlangsung. Penyempurnaan kinerja terkait logistik pada kejuaraan MotoGP ini dilakukan secara berkesinambungan, seperti halnya yang terjadi dalam balapan MotoGP. Mulai dari pengepakan dan pengiriman, negosiasi dengan operator kargo di kota dan negara-negara tujuan di seluruh dunia, serta memastikan semua kebutuhan logistik saat balap MotoGP terangkut dan tersimpan secara benar dan dilakukan secara sistematis dan efisien dalam hitungan milidetik.

Motogp Truck

Pekerjaan terbaik adalah hal yang utama dalam MotoGP, tak terkecuali untuk urusan logistik. Sehingga tidak ada istilah keterlambatan waktu untuk setiap pengiriman logistik ke seluruh sirkuit di dimana lokasi MotoGP digelar.

Motogp Truck

safety Car pun ikut terbang

Iklan

Tentang oldrider

KeepBrotherhood & Peace
Pos ini dipublikasikan di MotoGP dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Seperti apa sih kesibukan Tim Logistik MotoGP setiap balapan berlangsung…???

  1. Pojik berkata:

    Ntar kalo di indonesia gimana itu om..dipersuliatkah??hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s