Pengrajin Batu Akik Kebanjiran Order…eh, Kertas Amplas Malah Susah Didapat…Sering Mati Lampu Lagi…alamak…

pengasah batu akik

Pamor batu akik yang semakin mocer dari hari ke hari, membuat transaksi batu akik di setiap harinya lancar kayak sepur ekspres…jus…jus…maju terus…harga batu akik semakin menggila…Semua yang bergelut dengan bisnis batu akik jadi bisa senyam-senyum…maklum dapur mengebul terus plus bisa sedikit menabung…Demikian juga dengan para pengrajin batu akik…Orderan tiap harinya semakin banyak aja…kadang-kadang mereka pun berebut minta diselesaikan duluan pesenan batu akiknya…Tapi ada yang membuat kerjaan para pengrajin ini terhambat…apaan tuh…???

pengasah batu akik1

Toko-toko bangunan yang menjual kertas amplas (kertas yang digunakan untuk menghaluskan batu) jadi cepat habis diserbu para pengrajin…Sebelum demam batu akik melanda, kertas ini hanya dibeli oleh para tukang bangunan atau tukang kayu/mebel tapi kali ini toko bangunan diserbu para pengrajin batu untuk membeli kertas amplas…Wal hasil toko-toko bangunan selalu kehabisan stok kertas amplas terutama nomor 600, 800, 1000, dan 1500…Padahal pihak toko bangunan sudah menambah stok loo…Tapi selalu saja habis…weladalah ya nggak bisa kerjo tho kalo begindang…Mereka pun terkadang harus membeli kertas amplas bekas yang memang sudah gak layak pake, tapi gak papa daripada gak bisa kerja sama sekali…masih mending pake kertas amplas bekas…

Masalah para pengrajin batu bukan hanya sampai disitu saja…Akhir-akhir ini sering sekali listrik mati…apalagi kalo hujan disertai angin wah pasti mati lampu tuh…Kalo gak ada listrik ya gak bisa kerja…Kalo pake genzet…wah berat diongkos apalagi harga BBM sekarang sudah naik…Bisa sih sebenarnya pake alat pengasah tradisional yang terbuat dari roda sepeda itu tapi lama pengerjaannya gak secepat pake mesin gerinda…

Tak hanya kertas amplas saja, tapi penjualan gerinda beserta batu gerindanya dan mesin pengasahnya mengalami peningkatan yang sangat signifikan…Dalam sehari bisa menjual sekitar 20 buah batu gerinda sedang mesin pengasah batu bisa sampai 4-5 unit…Bukan toko bangunan aja yang ikut kebanjiran rejeki tapi juga tukang servis mesin gerinda beserta spare partnya…Mereka kebanjiran orang yang mau menservis mesin pengasahnya yang rusak…wih sedap sekali aroma bisnis batu akik ini…ternyata yang ikut kecipratan rejeki bukan hanya orang yang bergelut dengan batu saja ya…

 

Iklan

Tentang oldrider

KeepBrotherhood & Peace
Pos ini dipublikasikan di agate, NEWS dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s