Sekelumit Kisah Penambang Batu Akik…Ternyata Gak Semoncer Batu Temuannya….weladalah…

para penambang batu

Semakin menggilanya harga batu akik akhir-akhir ini memang membuahkan sebuah fenomena unik…Batu yang dulu gak banyak yang ngelirik, sekarang bisa berharga berjuta-juta…Kadang-kadang harga batu akik sudah gak rasional lagi tapi kok ya ada yang beli…yah namanya juga rejeki gak ada yang nyangka…Apakah seseorang apalagi yang merupakan kolektor penggila batu pernah terpikirkan gimana nasib seorang penambang batu akik di daerah…???Inilah sekelumit kisah para penambang batu akik…

Lokasi penambangan ini berada di Talang Air Karet desa Simpangempat kecamatan Lengkiti Baturaja…Sang pemilik lahan adalah Apri, lahan itu adalah hasil warisan dari sang mertua…Lahan seluas sekitar 6 hektare itu katanya memang banyak mengandung batu akik…Apri menyewakan lahan miliknya dengan tarif Rp 400 ribu untuk ukuran tanah 1 x 1 m….Untuk sewa harian sebesar Rp 50 ribu/hari…

Dengan uang Rp 400 ribu, sang penyewa lahan bebas mengeksplore tanah itu…mau digali berapa meter ya gak masalah… Kebanyakan mereka bekerja mencari batu dengan cara berkelompok paling sedikit ya 2 orang…Nah 2 orang ini, yang satu menggali sambil mengamati ada batu apa gak, sedang yang satunya berada diatas untuk menaikkan tanah galian…Agar gak bosen mereka bergantian, kadang diatas kadang dibawah…Sambil mencari batu biasanya mereka selingi sambil guyon atau bercanda…Berapa sih penghasilan penambang batu ini sebenarnya..???

Kalo pas beruntung bisa menemukan batu bagus misalnya batu Baturaja yang berwarna biru yang kalo dijual berupa bongkahan saja bisa laku puluhan juta…Jika laku segitu mereka bisa membayar sewa lahan juga untuk makan dan sedikit ditabung…Tapi kalo pas lagi apes, mereka gak menemukan batu meskipun sudah berhari-hari mencari…Jangankan untuk makan, untuk sewa tanah aja kesulitan bayar…Kalo nemu batu meskipun berupa batu kecil, itu sih masih mending…Setidaknya bisa buat bayar sewa lahan pada sang pemilik….

Tapi Apri yang pemilik terkadang merasa iba kepada para penambang yang gak beruntung…Dia pun sering menggratiskan lahannya untuk kembali digali para penyewanya…Paling gak ya bonus 1 lubang lagi katanya…

Gak sampai disitu tantangan berat para penambang batu ini…Nasib mereka juga ditentukan para pengepul batu…Maksudnya apa..???Setelah dapat batu kan tentunya dijual ke para pengepul batu tuh…Nah jika para pengepul batu ini orangnya baik and murah hati alias gak pelit…Batu temuan mereka kalo bagus ya dibilang bagus trus dihargai tinggi pula batu itu…Tuapi kalo ketemu pengepul yang amit-amit kikir bin pelit, batu temuan mereka pasti kena cacat deh, alasannya ada aja dan wal hasil batu temuan mereka yang sebenarnya bagus dihargai sangat murah…Para penambang batu ini hanya bisa pasrah pokoknya bisa buat bayar sewa lahan plus buat makan sedikit gak apa-apa…

Padahal jika batu itu sudah diolah, batu bagus yang dibeli dari para penambang ini bisa laku hingga puluhan sampai ratusan juta rupiah looo….Semakin panjang mata rantai proses transaksi batu semakin mahal pula batu itu…Yang paling untung banyak ya para pengepul batu dan para pedagangnya…Kalo para pencari batu mah hanya gigit jari…

Lihat aja di sekiling kita…banyak sekarang ditemukan orang-orang kaya baru dari hasil bisnis batu…Rumah semakin mewah punya mobil bagus…Tapi lihat nasib orang yang menambang batu…Kehidupannya ya gitu-gitu aja…Ada peningkatan ekonomi tapi gak sebanding dengan resiko kecelakaan kerja…nyawa taruhannya looo…

Iklan

Tentang oldrider

KeepBrotherhood & Peace
Pos ini dipublikasikan di agate dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Sekelumit Kisah Penambang Batu Akik…Ternyata Gak Semoncer Batu Temuannya….weladalah…

  1. yudibatang berkata:

    sakne yo mbah

  2. bennyaditya berkata:

    JUAL BONGKAHAN BATU BACAN ASLI MALUKU UTARA,BACAN DOKO DAN PALAMEA (TERNATE DAN HALMAHERA)

    Daftar harga sebagai berikut;

    ✿ BACAN DOKO DARI TERNATE (Maluku Utara)

    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu

    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 250 Ribu

    -Berat 1 Kg Rp 2 Juta 500 Ribu

    -Berat 2 Kg Rp 4 Juta 200 Ribu

    -Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan.

    ✿ BACAN PALAMEA DARI HALMAHERA (Maluku Utara)

    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu

    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 200 Ribu

    -Berat 1 Kg Rp 2 Juta 200 Ribu

    -Berat 2 Kg Rp 4 Juta

    -Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan.

    ✿ Kondisi bahan ;

    – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis

    – Bahan tua (galian lama)

    – Hasil tambang sendiri

    – Bukan bacan rawatan,tapi murni hasil alam

    – Kualitas super kristal, sudah tembus

    – Sudah tembus

    – Beberapa titik sudah ada yang kristal

    – Bahan keras dan padat

    – Siap gosok poles

    – Daging utuh, tanpa kapur

    – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak

    – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita

    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan

    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota

    Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi

    Kartu XL;087842902216

    Kartu AS;082330690216

    Kartu IM3;085824196216

    PIN BB: 53DD0682

    #.stock terbatas

    Siapa cepat dia dapat

    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,

    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan

    Alamat:Jl.Rawabadak rt 004 rw 007,desa amasing kota utara
    kec.Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di
    luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman
    seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,jika barang sudah kami kirim,kami berikan
    no.resi pengiriman barang yang anda pesan

  3. feri suwanto berkata:

    JUAL BONGKAHAN BACAN ASLI TERNATE.
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL ASLI TERNATE.
    Kondisi bahan ;.
    – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    – Bahan tua (galian lama).
    – Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    – Bahan keras dan padat.
    – Siap gosok poles.
    – Daging utuh, tanpa kapur.
    – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga;
    2 0ns ;Rp1.450.000
    5.ongs Rp.3.550.000
    1.kg Rp 7.000.000
    alamat kami:jl.raya labuha no.17 rt.014/rw005.kel.labuha kec.bacan ternate maluku utara.
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    TELPON;085271712959
    PIN BB;57186B32
    SALAM BISNIS.TERIMA KASIH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s