Macet Jangan Stres Pake Metode Eco Driving Agar Gak emosi…Eco Driving apaan tuh…???

Eco-Driving

Dengan tingkat populasi kendaraan yang dari tahun ke tahun semakin menggila trus diperparah dengan tidak imbangnya jumlah infrastruktur yang ada, kian menambah kemacetan dimana-mana…Apalagi dengar berita kemarin bahwa Jakarta masuk peringkat 1 kota paling macet sedunia dan kota Surabaya Jawa Timur menduduki peringkat ke-4…weleh…Jangankan kota besar, di daerah saya yang hanya kota kecamatan aja kadang macet…Maklum kota saya dilewati jalan antar provinsi Jawa-Bali…Kalo macet stres dan bawaannya kudu emosi aja, apalagi jika ada pengendara lain yang sak enak udele dhewe…waduh tambah bikin bete…

Akhir-akhir ini sedang digalakkan sistem pengemudi dengan cara eco driving…Apa sih eco driving ini…Menurut artikel yang saya baca…Eco Driving ini adalah metode mengemudi tanpa emosi suuuabaaar gitu lho…Eco driving ini juga bermanfaat bagaimana cara mengemudi yang baik, hemat BBM, gak stres di jalan plus selamat di jalan gak byayakan gitu lho…

Menurut mas Nugroho Respati seorang instruktur profesional, dalam sebuah diskusi tentang “Meningkatkan Keselamatan dan Efiensi Berkendara”, eco driving ini mengajak anda untuk menjadi seorang pengemudi yang bisa mengontrol saat berkendara, berhati-hati tanpa emosi, bertanggung jawab dan terhindar dari stres…Ada 9 metode eco driving ini yaitu:

  1. Menyalakan mesin dan memanaskan mesin.
  2. Berakselerasi dengan benar.
  3. Memindahkan gigi (transmisi) sesuai RPM mobil, mobil bensin 2.000-3.000 RPM bisa pindah gigi sedang mesin diesel 1.000-2.000 RPM.
  4. Jangan mengerem mendadak.
  5. Menentukan jarak aman dengan kendaraan lain.
  6. Menjaga kecepatan kendaraan sesuai kondisi jalan.
  7. Jika jalan membelok atau menikung jangan terlalu mengeber gas manfaatkan daya dorong kendaraan/momentum yang memang sudah ada.
  8. Kalo pas didaerah pegunungan yang jalannya naik turun jaga kecepatan secara konstan.
  9. Jangan lupa matikan mesin jika sudah sampai ke tempat tujuan…hemat BBM bukan…

 

Iklan

Tentang oldrider

KeepBrotherhood & Peace
Pos ini dipublikasikan di NEWS dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s