Mobil Eropa Lebih Bagus daripada Mobil Jepang Kualitasnya…???

Durabilitas dan kenyamanan (katanya) gak ngalahin mobil eropa..suspensi empuk..material kuat..dan daya tahan part juga lebih lama..benarkah..??? Memang sesuatu bisa dilihat kekuatannya dengan usia mobil..sampai dimana mampu bertahan oleh waktu… cepat menurun performanya,kualitasnya..cepat keropos…???

Mobil Eropa platnya tebal..buatan Jepang seperti kaleng..???

Benarkah demikian..?? atau hanya untuk mobil keluaaran 90-an ..memang mobil eropa plat/bodynya terbuat dari plat yang tebal…konstruksinya kokoh.. lain dengan mobil jepang lebih simple..ringan..bahkan ada produknya karena terlalu tipisnya body ketika ditekan biasa langsung penyok seperti kaleng :mrgreen:

Harga mobil eropa jatuh…mobil Jepang Stabil…

Nah bicara masalah harga justru mobil Eropa yang untuk nebusnya saja relatif lebih mahal dibandingkan mobil jepang tapi kala dijual justru anjlok..merosot drastis…

Well benarkah hingga kini anggapan yang demikian tetap ada?? dimana kualitas mobil eropa memang lebih kuat materialnya..???

Iklan
Pos ini dipublikasikan di CAR dan tag , , . Tandai permalink.

183 Balasan ke Mobil Eropa Lebih Bagus daripada Mobil Jepang Kualitasnya…???

  1. tyonugra berkata:

    Klo soal kenyamanan dan durabilitas kurang lbh aj lah, tergantung tipe n varianny mobilnya juga sih…tp memang untuk varian yg sejenis/setipe mobil eropa lebih mahal entah krn pajak mobil eropa lbh mahal ato aplah, …

    klo soal body mobil jg sama aj, tergantung tipe n varianny mobilnya juga cma klo untuk city car body memang lbh tipis dan ringan karena memperhitungkan ratio berat mobil dgn power mesin, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang…semakin berat mobil ratio berat mobil dgn power mesin, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang jd kurang efisien…rata2 mobil sekarang di buat dr plat besi atau baja tipis dan bemper plus asesoris lainnya di buat dari polykarbon jd ringan n cukup kuat lah….tp msh klah kuat dr mobil buatan jaman dulu yg d buat dr besi cor (tp berat ky kiat esemka)

    soal harga jatuh, mobil eropa memang harganya jatuh karena masih sulit nyari sprepartnya dan layanan after salesny jg kurang banyak d banding mobil asia ato jepang

    sok tau ya ๐Ÿ™‚ tolong d tambahkan atau d benarkan klo ad yg salah

    • herukuncahyono berkata:

      sip berarti sekarang rata2 memang hampir sama ya ๐Ÿ™‚

    • Mobil jepang dulu bodinya juga tebel2. Soal harga jual kembali, itu tergantung merk & model, bukan masalah eropa & jepang IMHO.

    • arisman berkata:

      saya sependapat, diantarahnya jarak negara eropah yg jauh walaupun mobil di negaranya murah dan pajak masuk di negara kta,saya tambahkan. Orang eropah lebih mengutamaka kwalitas dan keselamatan konsumen, sekarang ini karena menipisnya bbm di perut bumi akhirnya negara produksi berlombah mbuat mobil emat energi jadi kalau mobil tdk terlalu berat mesinnyapun bisa kecil.

    • avicena berkata:

      Emang pernah punya mobil eropa dan mobil jepang…? jangan2 cuma dari denger2 aja….

    • jhonfis berkata:

      Klo soal ketahanan mesin,mobil dan motor jepang mesin nya lebih tahan lama. motor moge yang mesinnya paling awet aja honda. padahal moge ducati dan bmw itu harganya di atas moge honda. mobil atau motor eropa itu cuma untuk gaya gayaan aja.untuk di elus elus.klo ada yang bilang “saya udah pake mercy 10 tahun gak ada masalah”. ya iyalah,wong pakenya cuma sekali seminggu,itu pun cuma keliling komplek.

    • jhonfis berkata:

      Mobil jepang jika di banding mobil amerika,jelas soal ketahanan mesin amerika masih kalah.kalah segala galanya mobil amerika. klo mobil jepang di adu dengan mobil eropa. mobil jepang hanya kalah di fitur,klo mesin,jepang masih unggul.sedang mobil eropa kaya fitur,pakainya cuma pelan pelan,di elus elus tiap hari.di plototin.habis itu masuk garasi.keluar garasi cuma 1x seminggu. mana ada mobil eropa yang tahan di indonesia. wong mesinnya manja.

  2. Ghuno berkata:

    masalah kenyamanan dan keamanan mobil2 eropa/amerika memang beda jauh apa lg teknologinya dengan mobil jepang, nah kalo mobil eropa jarang ad yg kropos meskipun sdh lebih dr 10 thn klo mobil jepang mayoritas sudah kropos, masalah sprepart mobil2 eropa/amerika kalo di kota2 besar ga susah kok, tp harganya itu yg menang mahal tapi sesuai lah dengan kualitas umur pakainya yg lama… klo masalah jual kembali itu tergantung brandnya toh banyak jg mobil2 jepang yg harga jual kembalinya yg jatuh…

  3. pedal2themetal berkata:

    Hahahaha…..Menarik judulnya ; “Mobil Eropa Lebih Bagus daripada Mobil Jepang Kualitasnyaโ€ฆ???”

    Sedangkan 2 dari 3 foto diatas, adalah mobil dari Prancis yang terkenal rewel elektriknya ๐Ÿ˜†

    Bagi saya sih, mitos itu sudah lama hilang…Prestise mobil Jepang & Eropa sudah cukup setara, misalnya produk dari Toyota & Honda. Lagipula konsumen juga sudah cukup pintar dalam menilai mobil, entah dari media cetak ato mulut ๐Ÿ™‚

    Kenapa brand Eropa lebih dikenal mewah di Indonesia, karena dulu mobil-mobil yang masuk dari sana, rata-rata tipe mewah & cukup bergengsi. Coba yang masuk itu Fiat 500, Yugo, Talbot, Reliant….Mungkin persepsinya akan berbeda ๐Ÿ˜€

    • rouzzz berkata:

      ah siapa bilang mobil perancis rewel elektriknya, saya pemakai Peugeot 505 GR 1985, seperti foto paling atas (warisan om sy), & Peugeot 306 Le mans (sudah 4 tahun pakai). gak ada tuh rewel-rewel elektriknya. apalagi 505 terkenal banget badaknya + nyaman lagi. yang penting jangan salah pilih bengkel. kalau mobil peugeot dibawa ke bengkel yang cuma ngerti toyota, daihatsu, suzuki. ya amburadul.

      u/ 505 GR biar sudah tua kenyamanannya masih jauh lebih baik dibanding GReco atau Allnecorr, bahkan dibandingkan AV-av-z.

      silahkan agan coba & rasakan sendiri jika teman agan ada yang memiliki 505 GR dengan kondisi baik. setelah itu coba mobil yg saya sebut diatas. pasti sependapat dengan saya.

      • joko berkata:

        biar saya perjelas ya, kalau mobil eropa elektriknya rewel bukan karena bahan tembaganya jelek tetapi karena insulatornya/plastik pembungkusnya didisain lebih ke suhu dingin jadi kalau kena panas mesin + sinar matahari tropis mudah getas dan patah, tapi ga hanya mobil eropa sih, mobil diesel juga sama penyakitnya kabel listrik di mesin getas (pdhl mobil jepang) yaitu tadi karena suhu diesel yang sangat panas.

  4. inline4 berkata:

    kalo memang lebih bagus eropa kenapa toyota corrlla menjadi mobil terlaris dunia sepanjang masa?
    di indonesia mobileropa duluan masuk bersama penjajah belanda,jadi jaringan sales-service-sparepart nya lebih lengkap..tapi begitu mobil jepang masuk awal tahun 70an,satu per satu merkm mobil eropa bangkrut dan menutup dealer di indo.padahal mobil jepang pada masa itu adalah pemain baru yang jaringan 3s nya masih sangat terbatas,sedang mobil eropa jaringan 3s nya sudah menyebar di seluruh indonesia.kalau memang mobil jepang lebih jelek tentu tak akan mampu bersaing dengan mobil eropa pada masa itu disini.kenyataannya sekarang keadaan berbalik dari tahun 70an.
    tentang plat body mobil jepang yang katanya lebih tipis,apa pernah ada yang membandingkannya langsung?kalo kita membandingkan mercy s class seharga diatas 2m denga avansa yang cuma 100jtan jelas masuk akal kalau tebal plat bodinya berbeda.tentunya anda akan mengatakan kalo mercy s class lebih tebal plat bodynya.Tapi bagaimana jika yang dibandingkan adalah mercy s class seharga diatas rp2M dengan lexus ls600h yang disini juga dijual diatas rp2M?apakah plat body mercy lebih tebal dari lexus dengan harga yang setara?
    menurut saya membandingkan kualitas mobil itu bukan dilihat dari negara pembuatnya tapi bisa dibanding kan berdasarkan kategory nya
    kalau kualitas kendaraan jepang lebih rendah dari eropa tentunya toyota tak akan mampu jadi market leader mobil dunia dan honda tidak akan menjadi market leader sepeda motor dunia…..betu gak dab?
    jadilah orang yang obyektif dan tidak termakan mitos kuno tentang kualitas mobil eropa dan jepang.
    karena konsumen di eropa pun sudah sangat obyektif akan hal itu.

    • Ari berkata:

      Gw pikir sih Toyota Corolla sudah tidak menjadi mobil terlaris sepanjang masa lagi, buktinya waktu gw Desember kemarin di new york dan beberapa state lainnya hampir dibilang Toyota Corolla agak jarang kelihatan… Justru yang gw lihat banyak berkeliaran Hyundai Sonata yang baru … Malah saudaranya dari Jepang, Honda CRV dan Honda Accord banyak berkeliaran… Kalau Toyota yang sering berkeliaran justru Toyota Harrier dan Toyota Camry… Hampir dikata gw jarang banget lihat Toyota Corolla…

      Kalau dibilang mobil Eropa lebih bagus dari mobil Jepang mungkin bisa saja… Apalagi mobil Jepang banyak recallnya jika dibandingkan dengan mobil Korea, America dan Eropa. Kalau di Indo, gw sering banget lihat mobil Jepang yang mogok di jalan… Itu semua bisa saja karena memang kualitas produk Jepang sudah tidak sebagus dulu. Contoh lainnya produk elektonik spt Sony dll sepertinya sudah tergeser sama produk Korea seperti Samsung dkk, dan juga handphone Sony Erricson yang sudah tergeser sama produk apple dan Samsung… dan masih banyak lagi…

      • Xrehan berkata:

        itu karena anda pencinta K POP bero :mrgreen:

      • Schatzi berkata:

        ane pake pug 505 GTi (injection) – 2200.cc gak ada kendala’a neh…malahan ane turun kejalan gak ada lawan’a neh gan…apalagi mesin jepang/korea atau merk apalah itu gk jelas yg CC’a cuma sebanding sama bajaj…hehe…maklum ajah gan ane beli kwalitas mesin bukan cassing gan..2200.cc gitu loooochh…hehe…

    • joko berkata:

      mas cerdas dikit, corolla paling laris sepanjang masa itu cuma satu serie atau semua serie ditotal penjualannya? kalau cuma satu serie berati masih kalah tuh sama vw kodok yang cuma satu model penjualanya (ga termasuk vw new beatle)

    • inline4 berkata:

      kalo mobil jepang itu empuk pelat besinya, kenapa bisa dapat ini di amerika?

      https://herukun.com/2014/09/15/2015-honda-odyssey-meraih-predikat-keselamatan-tertinggi-dari-nhtsa/

    • Lim Tjiau sing berkata:

      mana yg bilang corolla terlaris sepanjang masa?? setahu saya sih yg terlaris itu ford model T

  5. red bull lancer berkata:

    Pasar memang sering tidak rasional.

  6. rulrul berkata:

    ikut sharing nih dan berbagi info ..

    mobil eropa vs jepang

    mobil eropa/amerika
    -Kelebihan
    Interior dan eksterior mantab.
    Kualitas besi lebih bagus.
    Fitur canggih.
    Mengutamakan safety
    Bandel
    spare part jarang yang KW
    umur sparepart bisa bertahan 6-7 tahun

    Kekurangan

    Boros.
    Spare part mahal dan susah.
    Service tak bisa ke sembarang bengkel.
    Terlalu berat bodynya.
    Harga jual rendah

    mobil eropa dalam pembuatan mobilnya megutamakan 3K 1T, yakni:
    3K=kenyamana,keamanan,keselamatan,
    1T=Teknologi

    mobil jepang

    Kelebihan

    Irit.
    Bodi Ringan
    Handling gampang
    Spare part murah dan banyak
    Service bisa di sembarang bengkel.
    Harga jual tinggi

    Kekurangan

    Body gampang kropos
    Melayang bila di kecepatan tinggi
    Terlalu mengutamakan gaya dan mengejar harga sehingga part kurang berkualitas.
    Tidak eksklusif karena banyak yang punya
    Safety kurang, misalkan banyak yang gampang dicuri
    umur sparepart hanya bertahan paling 3tahun saja dan banyak KW nya

    dalam hal mobil
    mobil eropa sudah berpengalaman dan memiliki kualitas dan teknologi yang sangat tinggi dalam mobil mereka dan mobil jepang dari dulu hingga sekarang belum bisa menyaingi mobil eropa.

    sebagai bukti
    Mercedes Benz dan BMW adalah perusahaan mobil pertama dan kedua berdiri dan perusahaan mobil tertua didunia.
    mercedes benz sudah banyak mebuat penemuan pada mobil mereka dan mobil Jepang hanya mengikut ikut saja dan tidak ada inovasi yang mereka temukan

    bukti penemuan mercedes benz
    -penemuan mobil dengan radiator dan karburator
    -mobil dengan rem discbrake di ke empat rodanya
    -penemuan airbags dan Program Stabilitas Elektronik (ESP) Mercedes-Benz tidak membuat berita besar-besaran tentang penemuannya ini. Mereka malah membuat lisensi teknologi ini untuk digunakan oleh para pabrikan otomotif lainnya di seluruh dunia-dalam nama meningkatkan keamanan pengemudi dan penumpang
    -penemu transmisi automatic(A/T)
    -Mercedes-Benz adalah penemu dari sistem yang dinamakan Pre-Safe, yang gunanya untuk mendeteksi adanya kecelakaan tak terduga dan menyiapkan sistem pengaman mobil sehingga bisa merespon dengan tepat. Teknologi ini juga dapat menghitung berapa tenaga rem yang diperlukan untuk menghindari kecelakaan pada situasi kritis, langsung bekerja saat pengendara menekan pedal remnya. Para penumpang juga diamankan dengan mengencangkan sabuk pengaman, menutup sunroof dan jendela, dan mengubah posisi tempat duduk ke posisi optimal.
    -BMW adalah penemu rem ABS
    -Chevrolet penemu sistem pembakaran Injeksi

    penemuan dari mobil jepang
    -toyota menemukan sistem hybrid pada mobil mereka
    dan hanya itu yang bisa mereka temukan..

    mobil jepang dalam produksinya mengutamakan gaya dan hargatetapi kualitas dan keamanan dikorbankan.
    mobil eropa tidak seperti itu,mereka memiliki keseimbangan terhadap produk mereka yakni 3K 1T,

    JADI,MOBIL EROPA LEBIH BAIK DARIPADA MOBIL JEPANG.

    jepang dari dulu menantang mobil eropa untuk bersaing
    memang,,mobil jepang adalah penguasa pasar otomotif terbesar.tapi mobil mereka memiliki kualitas dan safety yang buruk.

    maaf kalau ada pemilik mobil jepang yang tersinggung..saya pun pemakai mobil jepang, tetapi saya disini objektif dan terbuka..memang inilah nyatanya.!

    • Schatzi berkata:

      mobil eropa gitu looocchhh…hehehe….

    • dany berkata:

      saya sependapat dengan komentar ada,,,,lagi pula penemu mobil pertama asalnyadari eropa…hehehhe

    • ryan berkata:

      mantabbbbbbsss

    • toni berkata:

      gundulmu wi isomu cuma ngomong tok enjal kue iso opo due krya apa untk bangsa.paling cuma jadi jongosnya org jepang

    • bimbim putih berkata:

      ini baru objektif… sepakat…

      dalam beberapa hal, mobil Jepang unggul di Indonesia, terutama maintenis dan penjualan pasca-nya… hal ini dikarenakan memang mobil ini yang bikin macet jalan-jalan di Indonesia…

      andaikan saja pasca peristiwa 1965 tidak terjadi revolusi industri di Indonesia, pastilah Indonesia masih menggunakan produk Eropiah maupun Amerikiyah… revolusi industri otomotif ini mengakibatkan berpindahnya cara pandang masyarakat Indonesia terhadap produk selain Amerikiah dan Eropiah…

      jadi setahu saya, produk legendaris mobil Jepang di Indonesia itu Colt T120 buatan Mitsubishi… dengan bahan bakar lebih irit daripada Dodge, pastilah membuat produk ini laris manis di Indonesia baik model pick up maupun minibusnya…

    • ITB berkata:

      Saya setuju dengan pendapat mas diats,sebagai pemakai,jgnlah kita rlalu mengagungkan mobil yg kita miliki,dn ktika d kritisi malah mrh dn mnghina, setiap perushaan mobil memiliki prinsip masing2 dlm memasarkan produknya,mobil eropa dikenal mahal krn kualitas nya jg diatas mobil jepang,yg membuat hrgnya jatuh krn kekurngan part dn bengkel yg bs mngerjakannya.ditambah mobil2 erpoa tidk segila jepang dlm mempromosikan produknya,terutama di indonesia, bisa qt liat sndiri promosi/iklan hmpir smua dikuasai oleh mobil jepang.

  7. billy berkata:

    Memang benar saya adalah pemilik mobil eropa khususnya peugeot 405SR era-90.sampai sekarang mesin dan body masih top…

    • Lim Tjiau sing berkata:

      saya setuju, dulu saudara saya yang pecandu narkoba pernah nyetir peugeotnya sambil pulang dari diskotik dalam keadaan sakau, dia nyetir cepet banget terus nabrak.. yang dia tabrak adalah tiang lsitrik dan pembatas beton jalan..
      Apa yang terjadi? kejadian mengejutkan yg terjadi, tiang listriknya roboh, pembatas beton jalannya hancur sebagian, dan yang paling penting, peugeotnya cuma lecet..
      Kejadian itu membuat saudara saya itu bertobat.. tetapi dia bilang kalo untung dia pake mobil eropa.. coba kalo bukan..

  8. sandy berkata:

    mobil eropa platnya lebih tebal dari jepang ? ya itu betul

    urut urutannya adalah,
    paling kuat dan tebal adalah amerika punya, kedua eropa dan terakhir jepang.

    kenapa amerika pertama?

    ini karena sifat orang amerika yang suka akan kekuatan dan kebesaran, pepatah mereka Big is better !, silahkan liat mobil mereka era 70 80an, sangat besar boros dan bodynya sangat kuat.

    kedua eropa, sebetulnya konsumen utama mobil eropa adalah orang eropa sendiri, orang eropa mendisain mobil dengan sentuhan seni, bukan sekedar membuat mobil, jadi mereka mendisain kendaraan yang long lasting. tentu plat yang digunakan harus cukup tebal, mengingat iklim eropa yang bersalju (jalan di eropa sering ditebari garam agar salju mencair), sudah banyak buktinya mobil jepang masalah umumnya di body yang keropos, kalau tidak percaya silahkan search jip-jip jepang buatan tahun 90an yang di gunakan di jerman dan inggris. hanya fj 40 saja yang ketebalan platnya bahkan mengungguli eropa, tapi borosnya 1:4

    ketiga jepang, mobil jepang dibuat untuk produk global, mesin-mesinnya tahan banting, bahan bakar efisien, sayang ini mengorbankan ketebalan plat, banyak mobil jepang yang mesinnya masih bagus, tapi bodynya sudah berkarat/bolong

    tapi……….

    ada tapinya, untuk era 2010an hal tersebut diatas batasnya sudah kabur dan rancu, mercy yang dulu platnya sangat tebal sudah mengurangi ketebalannya, semata-mata era sekarang yang cenderung ke efisiensi, chevrolet yang amerika, ternyata ada produk daewo korea (asli kaleng kerupuk juga), jadi sudah tidak relevan lagi dijadikan acuan eropa amerika dan jepang, karena semuanya mengarah ke efisiensi (go green)

  9. Toko tas online berkata:

    Na terus perbedaan harganya selisih berapa

  10. Samuel berkata:

    Untuk soal plat tebal ato ngga nya gue harus bilang mobil amerika paling tebal dan paling safe kalo soal tabrakan. Gue pake Chrysler 300C pernah nabrak mobil Toyota corolla model baru waktu parkir karena Ceroboh. Chrysler gua lampu belakang pecah sedikit and baret ga banyak sama sekali dan ga penyok tuh corolla penyok di sisi kiri depan nya plus lampu nya pecah berantakan. Pernah juga gua liat hummer H3 tabrakan ma toyota van ga tau merek pastinya toyota apaan gua lihat pasca kejadian di freeway. Hummer nya kelihatan selamat banget penyok sedikit. Tuh toyota van udah kaga karuan lagi bentuk hidung mobil nya dan ban mobil kanan depan udah ringsek juga pengemud toyota udahi teler di pinggir jalan. Jadi kalo soal plat tebal dan safety jangan ragu kan mobil amerika. Walaupun dulu sempet dapet predikat mobil amerika paling rewel under the hood, tapi seiring dengan perkembangan zaman predikat itu sudah berangsur angsur hilang. Terima kasih.

  11. quickly berkata:

    soal ketebalan, tergantung tipe sama jenis mobilnya sendiri. saya pakai blazer pernah nabrak mobil bmw. Blazer saya tidak penyok ato cacat sedikit pun. paling cuma baret2 halus. Mobil bmw nya, penyok abis di bagian pintu..

    klo ga percaya, coba pake jeep toyota land cruiser jadul trus tabrakin sama mercy. kira2 penyok yg mana?

    • joko berkata:

      ya atuh mercynya babak belur dong, itu moncong mercy ketemunya sama chasis fj40 ga imbang lah, sama sama yang tinggi dong, chasis lawan chasis, fj40 lawan blazer boleh di coba tuh, (chasis blazer gede juga) he he he

    • rover berkata:

      kalau lady tabrakan sama avzaaa jadinya kaya apa ya????

    • seno berkata:

      temen sya pake vw safari jerman’73 standar kecelakaan (tabrakan ‘adu banteng’) sama toyota land cruiser (hard top jadul taun 70 atau 80an), hasilnya toyota land cruiser-nya bag dpnnya ancur mesinnya copot dr gearbox-nya. vw safari tmn sya moncongnya jg ancur dihantam bumper toyota land cruiser yg tebel bgt, tp aneh tanki bensinnya si vw yg ada di bagasi dpn aman, mungkin karna ada ban cadangan yg nahan di bagasi depan. sementara mesinnya adem ayem nangkring dibelakang. ini fakta, mangga ambil kesimpulan sendiri. yg penting keduanya ga ada korban serius.
      so Keep safety first.

      • toni berkata:

        pengen kuat tebal ya TANK BUNG SMUA BODINYA BAJA HAHA
        KUAT TAHAN BANTING ANTI PELURU.
        jgn terlalu meng agung agungkan produk luar negri kenpa negara kita bisanya cuma ngomg doang .mana karya penemuan kalian
        semua untk bangsa ini.mana produk mobil di indonesia nol persen kan.

    • Schatzi berkata:

      gk sebanding lawan’a ya jelas ajah penyok dul…gk skalian ajah nabrak becak ajah…hehehe…

    • dikayuda berkata:

      Bemper blazer vs pintu samping BMW? wah gak salah testi tuh?
      kaya nahan pukulan tangan pake pipi,,

  12. tilas tapi raos berkata:

    tolong donk di kupas perbedaan mobil korea dan jepang terutama mengenai keawetan onderdilnya

  13. yesi berkata:

    405 Sri91, saya ngga ada keropos2 nya sama sekali, elektrik juga ngga pernah bermasalh, sola kenayamanan, dibandingkan Altis juragan saya jauh lebih nyaman punya saya..

    • Firdaus berkata:

      Saya rencana mo beli 405 SR th ’90 an. Aku mo tny2 boleh ya…??? Kira2 perawatan gmn? spare part bnyk yg jual gak? (mahal wajar asal ada yg jual). Konsumsi bensin gmn? (kira2). Pajak /thn brapa?. Cukup ini dulu aja, ntar klo ada yg krang jelas tanya lg ya… Thank’s… (o iya, saya ada di daerah Surabaya dan sekitarnya)

  14. jablud berkata:

    Klo masalah keamanan & kenyamanan memang mobil eropa setingkat di atas mobil jepang dengan harga yang sama. sparepart mobil amrik dan eropa lebih mahal karena memang lebih awet dan jg jarang tersedia versi KWnya beda dengan mobil jepang yg bnyk tersedia versi KW 1,2,3,4,5 nya.

  15. DMR berkata:

    “pertikaian boil eropa and jepang” impressive menu.
    Btw, saya sendiri pakai Peugeot udah 18 tahun, ganti-ganti sudah 4 model dan jelas second hand lahhh… Nih pandangan saya aja ya (subjektif), kalau boil Jepang saya perhatikan lebih concern terhadap efisiensi, after sales dan simplisitas. Kalau boil Eropa lebih concern terhadap kenyamanan, keamanan dan kekuatan (durabilitas). Semua bergantung terhadap selera dan opini pengguna terhadap mobil yang menjadi pilihannya. Selamat mengemudi to all, jangan mengantuk, dan stay safe….

  16. Muhammad berkata:

    Menurut Saya Mobil Amerika menjual ‘kebanggan’, mobil eropa menjual ‘karya seni’, dan mobil jepang menjual ‘pertimbangan logis’, latar belakangnya adalah budaya masyarakatnya, dan tentunya ketersediaan sumberdaya alam..

  17. Amira berkata:

    saya pemakai peugeot 505 gti sudah dari baru th 1988,sampai sekarang saya masih pakai,nyaman coy…coba mobil jepun sedan apapun merknya tidak ada yang senyaman my pug 505 gti,elektriknya jg tidak pernah rewel.rem keempat rodanya cakram sangat nyaman sekali,sedan jepun tidak ada yang rem nya cakram semua,tapi semua tergantung selera masing2,mau eropa atau jepun,salam

  18. whitesmilee berkata:

    mobil amrik juga bagus :mrgreen:

  19. amang berkata:

    kayaknya ciamik tuh pug 505!!!

  20. 111111 berkata:

    mobil eropa suspensinya semua indpendent,saya tidak menemukan suspensi seperti itu di sedan2 jepang,naik sedan jepang agak seperti naik “gerobak”,tapi semua kembali selera,peugeot 505 gti saya bisa top speed 180 km/jam tanpa gejala oleng,tapi klo mbl jepun lari segitu bodi sdh kemana2,peace

  21. dedi berkata:

    mobil eropa,mobil jepang alias bisa di bilang asia vs eropa. kalo di indonesia jelas mobil buatan jepang lebih laku itu di karenakan daya beli masyarakat indonesia kan rendah jarak antara si miskin dan si kaya sangat jauh. itu yang membuat mobil mobil buatan jepang jadi penguasa pasar kalo di indonesia bahkan dunia. berbeda dengan mobil eropa dalam membuat sebuah mobil mereka nanti bicara buged yang penting mobil di buat seperti apa konsepnya. setelah mobil jadi baru harga menilainya beda dengan mobil buatan asia survei dulu daya beli masyarakat baru bukin product.

  22. deh berkata:

    gampang banget kok :p

    Masih ada yang liat starlet, escudo, vitara, panther, hardtop, corola twincam, civic wonder/ grand, dan gan, eterna, dll ??? it’s gone with the wind…..

    Masih sering diliat di jalanan, mercy boxer, jeep mercy, bmw m40, peugeot 406/ 206/307, bmw e36, mercy tiger

    Mereka sama2 dari era 80-90an, bahkan VW kodok masih jalan…

    European is timeless, they create cars with souls… it’s all about feelings, once you try one of them you’ll know. Kebetulan saya pake dua2 nya. Kombinasi Toyota, Mercy, Honda, BMW selalu ada di garasi.

    They invented almost everything in automotive industry and automotive world..

    The car engine itself, ABS, Airbag, Turbo, Supercharger, Twincam/DOHC, Carburator, Radiator, Engine electrical system, Injection, Variable Valve Timing, Climate Control, Multifunction Steering, Catalytic Converter, Oxygen Sensor, Tempered Glass, Single Blade Wiper, Frameless Wiper Blade, Ball Bearings, Suspension System, Relays, Automatic Transmission, Double Clutch, Xenon Light, Bi-Xenon, sampe ke klaxon… thanks to Mercedes, BMW, Audi, FIAT, Volkswagen, Peugeot, Siemens, VDO, BOSCH, ZF, Hella, Lemforder, MAHLE, Brembo, dll….
    *kepanjangan kalo di sebutin semua…

    Semua di ikutin sama Jepang 5-10 tahun kemudian. Memang Jepang berhasil bikin mobil terlaris di dunia, dan Toyota is the biggest car company in the world. But, ….they are soulless….it’s just a machine. That’s all. When it’s broke, buy new one. Bahkan Toyota harus mengeluarkan kocek sangat besar untuk mendevelop Lexus, untuk bisa masuk ke kategory luxury, ….dan mereka terpaksa melakukan nya di Amerika, untuk bisa mendapatkan soul & feeling dari westeners…

    Japan is logic, when your casio broken, throw it away…

    Europe is emotion, when your rolex broken, get it fix, you can heritage to you son, and he will be proud and one day, it become valuable items…

    Japan is current, HKS, Denso, NGK, Mugen, Nismo, dll… new model come, swap it.

    Europe is investment, Brabus, Schitzer, Eibach, AMG, wash it, polish it, keep it, and enjoy it…..

    Salam

    • ngorok sekseh berkata:

      like it :mrgreen:
      tapi gw pengguna escudo 1st gen masih banyak kok…

    • nice share. sangat bermanfaat buat newbie neh ๐Ÿ˜€

    • joko berkata:

      Masih ada yang liat starlet, escudo, vitara, panther, hardtop, corola twincam, civic wonder/ grand, dan gan, eterna, dll ??? itโ€™s gone with the windโ€ฆ..

      koreksi dikit ya om, untuk jepang yang masih eksis setahu saya ada Toyota FJ 40 dan Suzuki Jimny, dua mobil ini adalah trademark merk masing masing, dan sampai sekarang bodypartnya masih diproduksi ! mirip seperti mercy yang punya divisi klasiknya.

    • Arief Jauhari berkata:

      Europe is emotion, when your rolex broken, get it fix, you can heritage to you son, and he will be proud and one day, it become valuable itemsโ€ฆ Satu ungkapan yang cukup menenggelamkan segalanya. It’s so sweet, Masbro. Thanks for sharing.

  23. Adhi berkata:

    Mobil eropa penjualannya lebih sedikit dibandingkan dengan mobil Jepang dikarenakan mobil eropa relatif lebih banyak bermain di kelas mobil premium yang harganya jg lebih mahal..otomatis dari jumlah populasi penjualannya mobil jepang pasti lebih banyak dibandingkan dengan mobil eropa..namun dari segi sefety dan kenyamanan, ga ada yang meragukan kualitas mobil eropa..good luck.
    .

  24. taufik berkata:

    kalau lihat harga dari mobil eropa dan mobil jepang,tentu berbeda,jauh,karena mobil eropa masih sebagian besar adalah mobil CBU(complete built up)walaupun sudah ada beberapa brand mobil dari eropa yang merakit mobil nya di jakarta,seperti peugeot 206,dan bmw x series,,dan tahundepan renault menyusul,tetapai walaupun sudah rakitan indonesia,tetapi bahan&komponen nya masih dari benua eropa,dan standar kualitas dan safety nya tetap sama dengan rakitan di eropa nya,,makadari itu harga nya mahal,,,(masih banyak faktor juga sih)
    kalau mobil brand jepang,kebanyakan sudah CKD,atau hampir 100% rakitan indonesia,dan bahan baku nya juga 100% dari dalam negeri,sehingga harga nya bisa murah meriah,walaupun banyak brand mobil jepang yang mengesampingkan hal safety,jadi bisa menekan hargaa,beda dengan mobil eropa,mereka tidak bisa negesampingkan safety,,,oh ya saya juga pengguna toyota avanza&peugeot 806,,jadi bisa merasakan perbedaan nya,,,tetapi kembalilagi kepada selera masing masing individu,,,,peace

  25. whitesmilee berkata:

    mindsetnya mbah, tp yang jelas standarnya lebih tinggi eropa cuman klo di negara kita masih ke jepangan

  26. suwarno berkata:

    jadi bingung nih.. kaum homosek ( hoby mobil seken ) hehehe..

  27. kacer berkata:

    Giman dengan mobil koreaw?

  28. Pupung berkata:

    By the way anyway and that’s okay…… Sekarang sudah gak jamannya mengatakan ini jepun punya,amrik punya,europe punya….. Orang mereka rata2 sudah melebur menjadi multi nasional company. Dimana mereka sudah punya tim R n D yang bertugas mengorek mind set calon pembeli dimasing-masing tempat diseluruh dunia. Sehingga untuk tiap2 negara akan diberikan “jatah” mobil sesuai dengan selera calon pembeli dinegara tersebut. Bahkan untuk satu jenis dan merek mobil saja,spesifikasi ditiap negara bisa berbeda. Depend on daya beli dan kebijakan dinegara tersebut. Contohnya Toyota untuk pasar indonesia dan amrik platformnya sama,tp type engine n perangkat tambahannya (safety n entertainmentnya) beda. Di Amrik dgn tingkat ekonomi penduduk yg sangat mapan dan jalan yg lebar2 dan mulus,penggunaan cc besar dimungkinkan,di indonesia yg 50% penduduknya masih berpenghasilan dibawah 5 USD/hari perlu mobil mobil yg “murah” dan tidak terlalu besar performa enginenya. Yg penting bisa bawa anak istri,mertua,pakde bude dll. Alias people carrier. Sedang di eropa sana,kesadaran akan safety sangat tinggi,jadi bila sebuah mobil dibilang city car maka dia akan dipakai untuk didalam kota atau sekitarnya. Beda dgn di Indonesia,ada yg punya Daihatsu Ceria buat mudik ke Sumatera,Jateng,Jatim dsb. Ada pula yg beli mobil segede Innova tapi jarak tempat kerja dengan rumah hanya 5-10 km. Jadi…..monggo dipilih yang sesuai selera dan kemampuan. Yang penting SAFETY AND FUN (kaya iklan kondom)

  29. CorAbs96 berkata:

    Misi mas-mas, om-om mau comment dikit,
    kalo menurut gw sih sekarang emang udah gak terlalu signifikan lagi perbedaan antara mobil amerika, eropa, ataupun jepang, toh mereka juga punya kategori ato pangsa pasar sendiri-sendiri buktiny di ajang wrc ato paris-dakkar mitsubishi dengan produk lancer evolution yg notabene udah generasi 10 sekarang juga pajero, bisa berdiri sejajar dengan mobil-mobil amerika macam ford ato eropa macam citroen ato peugeot. jadi sekarang udah bukan jamannya lagi ngebanding-bandingin mobil ini dengan mobil itu ato merk ini dengan merk itu toh saya yakin kalo toyota crown yg dipake anggota DPR yg terhormat itu juga ngga jauh beda dengan mercy s class ato toyota camry dengan mecy e class. jadi kalo dibandingkan harus dengan yg sekelas baru akan kelihatan perbedaannya toh semua mobil juga punya kelebihan da kekurangan masing-masing. lalu yg lebih penting sekarang adalah bagaimana agar negeri kita Indonesia tercinta ini juga punya kemampuan dalam memproduksi mobil sendiri jangan hanya terus menjadi pasar yg hanya akan menguntungkan negara lain, masa kita mau kalah terus dari ngara tetangga serumpun yg bahkan sekarang sudah menjual mobil produksi dalam negerinya di Indonesia…
    Salam Damai

  30. Hastomo berkata:

    Menurut saya yang orang awam :
    akan sangat tidak adil bila membanding – bandingkan mobil eropa dan jepang seperti contoh – contoh diatas. Misal : Avanza Vs. Peugeot 505, itu kan beda kelas. Saya pernah pakai 505 beberapa tahun dan dikantor pake avanza…ya beda…avanza keluaran baru bisa dicek harganya berapa sebagai bandingan bisa dicek juga harga peugeot sero 5 (508) keluaran baru biar adil ๐Ÿ™‚

    Untuk urusan berapa ketebalan body juga menurut saya tidak perlu diperdebatkan, yang terpenting adalah bagaimana kemampuan mobil tersebut terhadap situasi2 diluar batas (baca : tabrakan). Untuk hal ini bisa dilihat hasil crash testnya tiap mobil di NCAP. Monggoo dilihat perbedaannya ๐Ÿ˜€

    Untuk urusan kenyamanan ya kembali ke kelas tadi. Kalo kelasnya sama dan sama2 baru saya rasa untuk akhir2 ini sudah setara lah mau dari manapun. Tapi kalau di indonesia beda lagi ceritanya. Misal anda punya uang 50 juta ingin membeli mobil. Dari semua mobil dengan harga itu yang paling nyaman yaa mobil eropa,he he he…

    Regards

  31. Nurul af berkata:

    Bingung jadi nya

  32. joko berkata:

    weleh weleh komparasi gambarnya ga salah tuh, pug 505 kok dibandingin sama corolla altis? ya beda kelas dong mas, pug 505 itu diatas 405, sedangkan 405 sendiri lawanya accord sama corona, jadi peugeot 505 cocoknya dibandingkan sama cressida baru seimbang! kalau sekarang lebih cocok sama camry !

  33. bimmerlover berkata:

    membandingkan antara eropa vs jepang tentu tidak bisa serta merta setiap mobil bisa dibandigkan tentunya, ya harus apple to apple lah. semua kembali lagi pada masing2 perspektif konsumen di Indonesia. bila memulai dari awal 80-an tentunya kita tau yg namanya legenda jepang yang namanya kijang hingga menguasai pasar otomotif indonesia hingga kini. benar bila jepang melihay dari perspektif yg logis, mobil keluarga muat banyak, murah, ekonomis, mesin tangguh, apalagi coba. berbeda dengan eropa yg masih dalam kondisi idealisnya tanpa melihat perspektif konsumen namun safety, ketangguhan, kualitas material tidak diragukan lahi.semua berpulang pada mindset konsumen yg telah dibentuk oleh jepang berbuah hingga saat ini tidak hanya indonesia tapi dunia pun mengakuinya, yg akhirnya semua org berpikiran sama (kijang tiada duanya hehehehe) produk jepang lebih baik ini bentuk pemikiran orang kebanyakan. berbeda juga dengan pemikiran konsumen mobil eropa yang masih mengutamakan keselamatan dan kenyamanan adalah prioritas utama.
    saya sendiri hingga saat ini masih setia dengan bmw tua e36 meski boros, tp kenyamanan, keselamatan, dan material yg tangguh setidaknya masih dalam pertimbangan yg worth it to buy. dan setelah saya bandingkan yg sekelasnya dengan mobil jepang even its a new car, masih belum ketemu yg seenak ini, no offence ya yg megang mobil jepang. udh berapa kali disenggol, nabrak pager, serempet, alhamdulillah niy mobil kuat materialnya hanya cat yg baret dikit tinggal kasih meguire beres, mungkin karena platnya yg tebel, so i think its worth it. tinggal mindset kita sebagai konsumen yg bijak memilih mana yg paling menguntungkan, jepang atau eropa.

  34. ari berkata:

    Mobil jepang itu platnya juga kuat kuat..
    mungki agan melihat mobil jepang hanya pada mobil mobil keluarga sekarang
    mobil seperti itu karena mesinnya kecil dan owernya juga standar..
    Coba kayak mobil Lancer evo,Subaru Impereza,Pajero,Outlander,Fortuner
    Emng tipis kyak kaleng kerupuk…?

    • adi berkata:

      tetep tipis bro…. coba bandingin sama mobil eropa yang sekelas. kayak mercy c class, peugeot 3008, bmw E90 , volvo xc90 tipis mana??? BTW saya pernah lihat pameran fortuner dan saya ketok tuh astra mobil, waduh kok mobil sebesar gini besinya kayak kaleng krupuk yaa??? terus waktu pulang saya coba ketok volvo xc90 saya. wahhh beda baget tebelnya broo..
      EUROPEAN CAR IS THE BEST………..

      Just sharing, but that is realistic

      regrads

  35. Ricky berkata:

    Ikut nimbrung yaaa….
    Kebetulan saya penggemar mobil hatchback jadul, selama ini saya banyak mempelajari mobil yg saya miliki (Toyota Starlet) sampe di ubek2 ke akar2nya hihihi… Dan hingga saat ini saya juga masih aktif di salah satu klub starlet terbesar di Indo. Mobil saya ini sudah banyak sekali mengalami pembenahan di semua sektor. Mulai dari interior,eksterior,kelistrikan,suspensi hingga optimalisasi mesin.
    Sampe suatu saat saya merasa perlu menambah 1 kendaraan lg utk istri saya,karena bajet terbatas dan keinginan untuk mendapatkan kenyamanan lebih, saya memberanikan diri mencoba membeli Peugeot 206, automatic th 2003 (beda 10 th ama starlet saya) meskipun tdk sedikit yg memberitahu saya kabar miring ttg mobil kecil eropa ini.
    Yg sy rasakan adalah 206 jauh lebih nyaman dr starlet saya, dan masalah safety dan kenyamanan memang jadi hal penting di mobil eropa ini, saya pernah bandingkan head2head pintu starlet vs 206. Dari sini saja sudah terlihat perbedaan yang signifikan. Dari teknologi juga sudah jauh lebih baik. Memang dari segi usia jelas beda jauh, terpaut 10 tahun. Sepertinya sangat tidak apple to apple untuk masa pakai kendaraan. Tetapi dari segi harga dan apa yg kita dapat, sepertinya mobil eropa bisa jadi pertimbangan.
    Untuk kasus saya, pilihan jatuh ke peugeot 206 ini karena awalnya saya akan membeli fantastic starlet (turbolook) tahun 1997 akan tetapi mengingat harga mobilnya yang setara dengan peugeot 206 dengan usia yg lebih muda dan fitur kita dapat, sepertinya sangat tidak logis.
    Spare parts mobil ini juga tidak membumbung seperti yg diperkirakan, ada yg mahal, ada yg murah. Sama seperti toyota starlet saya, ada yg mahal dan ada yg murah (saya selalu pake original parts toyota).
    Jadi, kembali lagi ke masalah mana yg lebih baik? Tentunya kita tinggal menimbang-nimbang, mobil kita akan dipergunakan untuk apa dengan bajet berapa. Hanya saja mobil eropa bekas memiliki harga yang relatif setara drpd mobil jepang yg usianya lebih tua. Untuk perawatan sendiri tidak terpaut jauh selama kita memang niat merawatnya, bukan asal pake dan jual kalo udah ambruk.
    Pasar indonesia yang menjadikan mobil jepang terlihat lebih berharga dengan alasan harga jual kembali yg lebih tinggi. Karena bagi saya, kendaraan adalah untuk dipakai, bukan untuk jual beli hehehe…

    But still, i love my starlet more! Meskipun saya tidak bisa menyangkal kalo peugeot 206 dengan harga yg hampir setara,memberikan berbagai kenyamanan, safety dan heavy duty yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya ๐Ÿ™‚

    • Ricky berkata:

      Sekedar berbagi pengalaman lagi, starlet saya pernah ciuman ama livina punya tetangga depan rumah, starlet baret di bumper ampe kliatan plastiknya, sementara livina bumper copot, lampu miring, fender depan ringsek. Tanya kenapa?

      • ardo berkata:

        judulnya kan bagus mana mobil eropa atau jepang, kenapa anda membandingkan mobil jepang ama mobil jepang (Starlet vs Livina)….. Tanya kenapa…????

  36. Firman V Al I berkata:

    maaf saya mau ikut sharing nih. Saya liat judulnya Mobil Eropa Lebih Bagus daripada Mobil Jepang Kualitasnyaโ€ฆ???.

    menurut saya memang benar kulitas pabrikan eropa jauh lebih baik dibanding dengan kulitas pabrikan mobil jepang. Kebanyakan pabrikan mobil eropa memilki racikan tersendiri terhadap pembuatan dan pengolahan baja mereka. Susunan molekul bajanya lebih padat daripada buatan jepang. Beberapa orang menyebut kualitas baja yang digunakan pada pabrikan eropa – amerika adalah baja class S (super). sedangkan jepang a (amateer). Kalo tidak percaya silahkan tanya ke Dirgantara Indonesia. buka bumper depan BMW

    contoh sederhana bisa dilihat pada kendaraan tua yang sering kita lihat seperti vespa thn 60 hingga bmw type R (hehe … punya saya). Yang masih sanggup berlari hingga saat ini. Padahal suhu udara dan cuaca di Indonesia cukup ekstrim untuk sebuah logam berjalan.

    Selain itu, kebanyakan orang eropa minyimpan sesuatu yang disebut (kehormatan dan gengsi) dalam karya mereka (bisa disamakan persepsinya dengan lukisan). kebetulan saya orang seni jadi saya cukup tahu tentang hal ini. Saya bisa menyimpulkan hal ini – karena saya melihat keseriusan dalam tiap detailnya. Kalo anda liat ada kepuasan pembuatnya disini. Jadi ketika anda membeli kendaraaan (anggaplah alfaromeo) anda gak beli sekedar mobil tapi juga karya seni. Menurut saya itu, yang terkadang membuat harganya jauh lebih mahal dari pabrikan negara lain.

    Bandingan dengan beberapa pabrikan lain yang hanya mengejar target pasar. contoh sederhana berapa avanza/honda jazz yang ada pada tiap lampu merah berhenti.

    mohon maaf sebelumnya, persepsi ini mungkin sulit diterima.

    • Nugi berkata:

      setuju..dengan pendapat dirimu…..

    • seno berkata:

      saya setuju dgn persepsi ini, di garasi sya ada vespa sprint veloce 1974, bmw R26 1959 dan vw combi jerman 1974. next buat istri, sya pgn kasih citroen bx, itu jelas bukan kendaraan2 mewah, tp itu semua buat sya mrupakan suatu hasil karya seni dan dibuat bukan cuma sekedar memenuhi kebutuhan sarana transportasi kendaraan, buat pmakai kendaraan eropa itu mungkin lebih ke identitas diri walau sekali lg kendaraannya bukan tipe kendaraan mewah.

    • tuhkan bener…eropa gtu looocchhh…hehehe…

  37. ikut nimbrung…………..
    alhamdulillah di garasi masih nyimpen VW Combi th.76,Citoren BX th.90 dan yg paling baru adalah Honda CR-V th.2004
    tp kenapa yaa ponakan2 dari saudara klo diajak maen malah seneng naik BX nya ato Combi nya yaa……..???padahal umur ponakan2 dari pak dhe (uwak) masih 3-5 tahun yg notabene di rumah ayahnya ada Alphard th.2010
    belum lagi ponakan2 dari pak lek (om) yang umurnya 4-5 th yg notabene di rumah ayahnya baru jaa ambil second Fill Fire (ma’af klo salah ketik) th.2012,tp kenapa yaa mereka (ponakan2) klo pas ke rmh trs ngajak maen itu kok malah ngajaknya seneng pake BX ato Combi nya yaa (saya sendiri sampe heran)
    kata mereka (ponakan2) sich klo naik mobil rudal (sebutan BX saya) nie mobil nggak pernah obah (goyang) jd d perjalanan mereka mesti tidur dan nggak mau bangun klo blm nyampe tujuan
    belum lagi klo naik mobil lucu (sebutan Combi saya) kata mereka (ponakan2) nie mobil nggak pernah gempa (goyang dahsyat) jd mereka di perjalanan mesti sambil bermain di mobil……….
    silahkan di persepsikan sendiri2,ma’af nie cm coment2 + cerita dari ponakan2…………….he..he..hee……………..

  38. acep berkata:

    Mobil Eropa emang top dari segi kenyamanan dan keamanan tapi mobil jepang tidak kalah dari segi harga dan mayoritas.. karena rata2 orang indonesia tidak semuanya mengerti mobil eropa maupun Mobil Jepang.. pernah aku lihat dari beberapa kasus mobil Jepang dan mobil eropa berkeliaran di jalan tapi semua itu belum satupun dari mobil tersebut saya punyai. tapi saya hanya berdoa semoga saya bisa kebeli mobil.. amieen….. karena saat ini saya pengguna mobil umum alias angkot ๐Ÿ™‚

  39. Emhas berkata:

    Hadeeuuh… Saya baru bisa nyopir n baru bisa beli mobil. Dapatnya buatan Korea. Emang rasanya bener2 Atoz (baca: atos/bhs Jawa = Keras). Pdhal mimpinya pengen Peugeot 206.. harganya gak beda jauh… Hah, entahlah… smg Atoz-ku baik-baik saja…

  40. romy berkata:

    Ah sieun bohong..

  41. jono96 berkata:

    klo gua sich lebih mantap mobil eropa ….. yg jelas sekarang partya pun buanyaak ga susah dicari……apalagi sekarang juga dah banyak kw nya ………….harga juga murah cari ja di atrium, curug, serpong, dan bengkelya juga dah banyak…..yg penting buat gua keselamatanya dulu coy …….

    • jeffery berkata:

      Kalau menurut saya, Citroen yang bersuspensi hidropneumatic (Type GS, BX, CX Pallas, Xantia, XM, SM, DS, C5, C6) adalah yang terbaik, krn sampai detik ini pun belum ada 1 mobilpun baik Jepang maupun Eropa yang berani mempromosikan mobilnya dgn melaju cepat (80 km/jam keatas) lalu salah satu ban depannya meletus, kecuali Citroen.
      Padahal kecelakaan yang diakibatkan ban meletus sangat banyak terjadi.

      • seno berkata:

        setuju, sistem hidropneumatic punya manfaat heigt corrector, jd biar satu roda copot skalipun, citroen anteng aja dgn 3 rodanya, paling2 nyari2 ban yg tadi copot kemana ya … hehehe …
        Mungkin krna perawatan hidropneumatic relatif hrs lebih extra dibanding suspensi konvensional jdnya pabrikan lain anggap tdk akan diterima pasar. Logikanya klo emang kita mengutamakan keselamatan pribadi + anak-istri saat berkendara mobil, menurut sya pilihan brand cenderung ke mobil eropa/amerika yg standar safety-nya lbh bagus.
        Tapi persepsi + tujuan tiap org milih & punya mobil beda2, kebanyakan tapi ga semua, org2 kita pilih mobil dri bentuknya yg keren/cakep, gaya, suara mesin halus, safety sih nomor sekian, mau mobilnya dipake di tol limbung or ngelayang jg bodo amat, itu bukan pertimbangan utama. padahal itu bs mmicu kecelakaan.
        Persepsi kenyamanan mnurut sya sekarang dah berubah, untuk jaman sekarang mobil itu yg penting AC-nya selalu dingin, ada cd player/radio/tv mini, stationer mesin selalu stabil karena saat ini kebutuhan kenyamanan telah bergeser dari kenyamanan yg dibutuhkan saat mobil melaju menjadi kenyamanan saat kemacetan terjadi. wow …. jd ga heran klo angka kecelakaan di jalanan msh relatif tinggi. maaf klo ada yg ga setuju.

      • dani buldani berkata:

        Setuju banget kalo mobil eropa lebih bagus,kuat,bandel dan nyaman,…menurut ane dari beberapa jenis mobil eropa sprt Mercy,Peugeot,Volvo,BMW,Audy,dll.menurut ane yang paling nyaman dikendarai baik oleh sopirnya maupun penumpangnya adalah mobil Citreon,(maklum ane pake Citreon BX TRS Th 90,wkkkwkk,..)Citroen suspensinnya menggunakan sistem hidrolik hidropneumatic yaitu sistem bertekanan udara dan oli,…

        Suspensi Citroen nyaman banget,empuk banget,..nyetir Citroen dibawa perjalanan jauh tidak capek maupun pegal2,…dibawa dijalanan jelekpun terabas aja,gilas polisi tidur tidak terasa,jalan berlubang,bergelombang lewatnya tetap nyaman mobil stabil ..sementara mobil jepun geradak geruduk ketinggalan jauh dibelakang,..

  42. Ping balik: Gperbedaan Toyota Corolla Twincam Gti Dan Se | Xpower Penghemat BBM Terbaik Post

  43. Base Culture berkata:

    Kalau dari kontek “Mobil Eropa Lebih Bagus daripada Mobil Jepang Kualitasnyaโ€ฆ???”

    kalau masalah mobil lebih fair tanya ke tukang valet parking, atau tanya ke cewek cantik yang blom kita kenal…ini cara fair bro…mereka lebih tau selera.

    SAYA PRIBADI BERPENDAPAT LEBIH BAGUS EROPA.

    Jepang mampu membuat mesih tangguh dan sederhana perawatannya (LOW END)

    Untuk yang versi HIGH END, Ribet Tiada Ampun kadang cuman masalah sepele .bisa bikin mogok
    contoh “MAZDA RX8, Camry, Lexus” lebih simpel BMW/MERCEDES

    Untuk kategory awet dengan catatan sama sama sering dirawat dealer resmi, lebih prefer mobil eropa.
    Untuk sparepart mahal, tunggu mobil eropa merek mana dulu, Kalau BMW/MERCEDES Murah.

    Kalau untuk safety,kenyamanan/smile driving/waktu macet/elegant/mewah/canggih saya prefer mobil eropa.

    Kembali ke masalah filosofi masing masing,…

    kalau hanya “pengen mobil”, jepang banyak pilihan tuk “low end”..avanza..terios..xenia…march..dll yang sejenis..tau sendirialh kalau dikendarai seperti apa..tapi bisa dibikin nyaman ditambahin peredam sendiri, tambahin audio sendiri, diganti kaki kaki nya…,interior diganti..pokoke kisaran 20-30 jutaan itu sudah wah dalamnya…

    Kalau ingin “KUDA”…naik dibelakang kemudi tersenyum dan turun tersenyum..saya prefer mobil eropa.

    Untuk harian kalau masalah irit salah satu, contoh irit volvo s40 daripada suzuki karimun.

    Kalau buat performance saya lebih prefer EROPA juga..sangat jarang mobil jepang punya fasilitas “kick down”…salah satu fasilitas yang bikin WOW!!!!

    Kalau ingin beli mobil dan dijual lagi nantinya,…jangan sekali kali melirik mobil eropa….

    Untuk mobil eropa(VOLVO/BMW/MERCEDES) baik untuk sprint maupun running, >= 180km di tol kanci/padalarang anteng benerrrrrrrrrrrrrrrrrr…!!!!!!!!!!!!!!!!!

    coba kalau camry/honda or apalah…masih gluduk gluduk dan goyang…bikin simpenan terbangun dari bobonya

    Mobil jepang untuk masalah performance hanya masalah di sprint 1.500 =>..

    Sekali lagi untuk masalah mobil jangan percaya dealer dan marketingnya…percayalah pada club mobil yang bersangkutan..

    • 86+ berkata:

      Bandingin mas sama mobil executive japan (Eropa executive semua).. Saya pake Accord 84 Harga cuma 15Juta mas!! Di tol purbaleunyi aja ga ada yg nyusul pake sampe 160 itu gas belum nyampe setengahnya.. manufer stabil tarikan enteng.. Kaki2 nyaman.. Bensin Irit.. Sparepart lebih mahal motor ninja.. Saya ga pernah liat peugeuot 505 lari sampe segitu di tol.. Kalo ada pun pasti keluar asap BIRU.. Mercy tiger juga sama yg mesinnya kayak heligoberrr keselek kentut..

      • joko berkata:

        ya kalau 505 gr yang karburator memang berat, karena bobotnya berat sekali dan kalau dipacu jadi boros, tapi bukan tidak bisa ya, bahkan 160 itu tidak berasa lho, kalau yang gti itu 180 juga lewat kok.

  44. kakher berkata:

    Mobil eropa yang pernah saya pake: Pug 505 GR (82), 405 SR (90), 306 ST (96), 307 Sporty (03). Mobil Jepang yang pernah saya pake: Corolla GL (84), Forsa (86), Corona (87), Accord (86), Accord (90), Greco (93), Accord (94), Taruna (2005) Grand Livina (2007). Dari semuanya (meski TIDAK comparable), Pug 505 GR yang paling enak (baik sebagai sopir maupun penumpang)..itu benar-benar mobil “tempur”..blok mesin masih baja (setelah seri 505 blok mesin ganti alumunium)..tidak pernah sekalipun bermasalah..kalo untuk tarikan pendek/spontan, accord paling enak..nyetir pug 505 sama sekali gak terasa capek (biasa luar kota 160km)..dari teknologi, fitur an safety, Pug 307 Sporty (03) yang paling baik (ABS, EBD, BA, rain cencor, auto AC, auto headlamp, immobilizer, pinch protector 4 window, folding mirror, MID, 4 discbrake, 6 airbag, coolbox, drive by wire.. Dari sisi irit, grand livina juaranya..KESIMPULAN: keamanan, fitur, dan kenyamanan eropa lebih baik. Kalo perawatan, ketersediaan suku cadang, resale value, lebih banyak rute dalam kota..Jepang lebih baik. KESIMPULAN AKHIR:..di kepala anda masing-masing..hehehe..

  45. knightfal berkata:

    Buat saya gampang:

    Masih banyak berkeliaran Mercedes W124 (Boxer), W123 (Tiger), W202 (Cibo), atau BMW E30 (Mas Boy), E36, E46, E39 dan Volvo 960, 740, S70 dan Peugeot 206, 307, 406 yang mulus2. Rata2 keluaran dibawah tahun 2000.

    Udah susah kita liat dijalanan Toyota Starlet, Kijang Kapsul, Corolla Twin Cam, Mitsubishi Dan Gan, Eterna, Daihatsu Taft, Feroza, Charade, Suzuki Escudo, Vitara, atau Isuzu Panther. Sekalinya ada kondisi nya udah nggak mulus lagi.

    Kenapa ?

    Buka aja ini:
    http://www.ukipme.com/engineoftheyear/archive.php

    Mesin buatan Eropa memang lebih durable dibanding Jepang. Bukan canggihan mana or bagusan mana.

    Contoh: mesin Mercedes W124 aka Boxer, banyak yang tembus 200.000km dan masih bertenaga. Atau mesin M54 BMW (325/330/528/530/X3/X5) hampir bisa dibilang gak pernah rewel.

    Rahasia nya simple
    Bawa ke bengkel/ mekanik yang memang ngerti mobil2 Eropa.

    Mercy & BMW 180km/h – 200km/h di tol ? Sambil senyum2 dengerin lagu.
    Mobil Jepang ??? Gak berani……feel nya nggak dapet.

    • free mp3 berkata:

      setuju!.. eropa lebih mengutamakan kenyaman dalam berkendara.

    • 86+ berkata:

      Mobil europa berkeliaran mulus2 tuh karena sayang mau dijual pasti murah seharga jepang.. Tapi pemiliknya pengen ngejual karena rewel.. Dan spareparts MAHAL … Alhamdulillah saya pernah pake FJ40 ama CJ7 di sekitaran 140km/h masih santai aja ga ribet.. Bensin sama aja kayak mobil europa .. Apalagi bisa gonta ganti mesin karena Chassisnya kuat mobil sekarang? Chassis aja PLAT ditekuk itu gan … FJ40 ato CJ7 Jarang kropos kayak bmw mercy atau peugeot yg taun 70 80an bandingin FJ 40 sama Mitsubhisi Pajero , Bmw x5 , Mercy tipe G dan Fortuner tunggu 20taun lagi.. Mana yg bakal ringsek duluan?

    • joko berkata:

      Mesin buatan Eropa memang lebih durable dibanding Jepang. Bukan canggihan mana or bagusan mana.

      koreksi dikit ya om, untuk durable jepang malah lebih konsen ke sini, jerman itu malah suka bikin mesin canggih (no 1 bmw kedua baru mercy)
      w 124 itu memang mobil “gila” kalau mercy sering bikin mobil begini ya bangkrut dong om, jarang yang mau ganti mobil karena saking kuatnya.

      mesin jepang durable contoh keluaran isuzu, dieselnya dipakai diseluruh pabrik mobil didunia.

    • Lim Tjiau sing berkata:

      saya sudah memakai mobil dari merek Jepang,Eropa, Amerika, Korea sampai India dan Tiongkok.. jadi sudah merasakan sendiri mana yang paling nyaman..
      Memang merek Eropalah yang paling artistik dan yang paling penting sangat nyaman, soal kecepatan pun sangat kencang, dulu saya pakai BMW X5 saya nembus sampe 215 KM/H, sangat kencang sekali, dan itu saya capai di tol jagorawi, yang notabene adalah tanjakan, saat itu saya kejar-kejaran dengan BMW 528i..
      Sedangkan mobil Merek Amerika tenaganya sangat besar sekali, sangat enak diajak narik.. Saya pernah pake New Grand Cherooke 4.7 tahun 2004, setiap digas sedikit tarikannya langsung kenceng, jadi ga perlu nginjek gas dalam-dalem biar kenceng, sangat besar sekali tenaganya, akan tetapi mobil merek Amerika ini tidak disarankan bagi para pemula, karena tarikannya yang sangat kuat bisa membuat panik, pengemudi pemula.. Kecepatannya juga sangat kencang, waktu itu di tol pondok indah saya kejar-kejaran dengan Mercedes benz c240 new, .. waktu itu kecepatannya bisa sampe 200km/h, masih ada sisa tenaga lagi, artinya masih bisa di gas pol, tapi saya agak takut karena itu mobil gede..
      Kalo sekarang sih saya udah ga kebut2an lagi, udah tobat.. sadar kalo kebut2an itu ga ada gunanya, makanya sekarang kalo beli mobil saya cari yg fungsional saja, makanya saya pake Alphard keluaran 2015..
      Jadi penilaian saya objektif.. bagaimanapun mobil merek Eropa memang yang terbaik..

  46. pembawa pete berkata:

    mobil eropa itu cepat rusak mesinnya,
    mobil jepang paling awet, tengahnya baru mobil amerika.
    Info ini berdasar survey yg dilakukan oleh perusahaan asuransi mobil di amerika.

    yg saya inget posisi 1 adalah honda, disusul toyota / lexus, lalu nissan, mercedes (satu2nya mobil eropa paling awet), volvo, jaguar, suzuki, ford, mazda, subaru …..

    posisi bawah ada Mini, BMW, Audi, peugeot, fiat, dll

    • r2 berkata:

      kalau orang yang mengrti mobil,pasti dia akan menjawab mobil eropa itu yang paling bagus.. karna mengutamakan kenyamanan,keselamatan,keamanan… dan naikanya pun mantap..!!!

    • joko berkata:

      yah ngandelin dari survey….., memang mobil honda yang disurvey itu umurnya baru berapa taun ? apakah perusahaan asuransinya mengcover sampai 20-30 tahun? kalau bisa baru bisa dibilang mobil tangguh macam FJ40 atau hilux suft (mobil oficial resmi para pemberontak di timur tengah, dengan perawatan ala kadarnya)

    • Lim Tjiau sing berkata:

      siapa tuh yg survei.. kok ngawur..

  47. atprana berkata:

    Kalau di Indonesia, pasar lebih menghargai mobil yang operationalnya murah. Jadi kualitas bukan utama. Oleh karena itu mobil2 yang spare partnya banyak, ada KW murah nya seperti Toyota yang dipakai angkot dan taxi dll harga jualnya paling bertahan.
    Waktu Jepang mulai jual produknya, harganya memang jauh lebih murah dr eropa saat itu, sehingga secara pasar jepang cepat berkembang.
    Mobil sekarang Jepang makin membaik di segi mutu dan kenyamanan sedang Eropa harus menginmbangi Jepang dari segi harga tanpa harus menghilangkan mutu
    Harus diakui bahwa strategi penjualan Jepang sangat tepat, sehingga bisa menguasai pasar dulu baru kemudian menyempurnakan produk nya.

  48. seno berkata:

    mobil eropa atau jepang punya keunggulan dan kekurangan tersendiri. tp buat sya pribadi lbh prefer mobil eropa lah, biar ntar bisa diwarisin ke anak. yang penting mobil eropa perawatan/perbaikan dilakukan di bengkel/mekanik ahlinya & jgn coba2 ke bengkel sembarangan.

  49. Farhan berkata:

    Penyebab mobil eropa mahal itu adalah karena kualitasnya. Orang indonesia kan gak perlu mobil yg kualitasnya berlebihan, tapi gak mau juga yang kualitas jelek banget kayak mobil cina, maka jadilah orang indo banyak beli mobil jepang. Lagipula mobil eropa yang murah paling cuma VW ama puegeot, itupun perawatannya masih susah bagi orang indo.

    Soal resale value, tergantung nilai jualnya. Panther itu resale value bagus sebab orang mengincar panther karena ketangguhan mesinnya, kabin lapang, dsb, itulah nilai jualnya yang sulit termakan waktu.

    Sedangkan mobil mercy kayak e class, dsb itu resale value anjlok karena nilai jualnya adalah teknologi yang berlimpah, yang lama-lama juga termakan oleh waktu. Dulu mobil cuma mobil mewah yg punya airbag, rem abs, dsb. Sekarang mobil biasa juga udah punya.

    Sisanya adalah kegemaran, seperti jeep mercy, jeep wrangler, dsb. Itu harga bekasnya mahal karena penggemarnya banyak, jadi wajar saja harga bekasnya bagus karena banyak yang suka, entah dari sisi penampilannya yg macho, retro, atau karena suka merknya,atau apalah yg juga sulit termakan waktu.

  50. mobil jepang mah mobil’a nenek-nenek wew…hehehe…piisss ahhh….

  51. imade wibowo berkata:

    Cintailah produk – produk dalam negri, ingat kita semua adalah orang indonesia

  52. Bagas Oke berkata:

    kasihan orang-orang miskin yang liat pembicaan ini…mau makan aja sulit. Jadi Beli sesuatu gak usah yang mahal2 dan cari yang efisien aja. ada kelebihan di kasihkan ke yatim piatu dan orang2 yg kurang mampu. mumpung masih hidup..(saya benci, hanya omongin gini aja kayak anak kecil dapat maenan baru. malu brur)

    • joko berkata:

      tuh denger ya, kalau beli mobil bekas, beli mobil eropa agar ada sisa kelebihannya buat dikasih ke anak yatim piatu, kalau beli mobil bekas merk jepang mahal tidak sebanding dengan isinya. teman saya jual w124 beli avanza malah nombok (wedew)

  53. Simarmata berkata:

    ane kerja diperusahaan jepang, disini saya katakan bahwasanya kualiti jelas tidak diperhitungkan. mereka hanya mau untung besar dengan modal yang kecil.

  54. Bayu berkata:

    hhhmmmmm……baru bisa ngrasain peugeot 405SRi 1993….alhamdullillah…., nyaman….nggak rewel……

  55. 86+ berkata:

    Sebenarnya mobil jepang sama europa ato amrik jaman sekarang sudah standart safety nya , tenaga ato lainnya.. Kalo Body Zaman skr sudah ga ada yang tebal.. Yang aman tuh model CJ7, Toyota Hardtop , Wagooner , Land Rover , atau Hamvi.. Saya ga pernah liat mobil2 diatas ditabrak motor langsung penyok tuh.. Tapi model Avanza, Kijang th2000 keatas, panther , Rush , Xenia atao APV dan lain2 di tabrak motor aja penyoknya kayak nabrak tembok.. Jadi bukan tergantung jepang europa amriknya tapi taun produksinya dan Merk mobilnya sprti FJ40 jepang , CJ7 amrik , Land Rover UK ato australi..

    • joko berkata:

      wah ga bisa tuh om buat dijadikan gambaran, type diatas adalah kendaraan kebanggaan masing masing pabrik mobil. contoh fj40 itu dibuat diluar pakem kebiasaan mobil jepang. dibuat khusus untuk dipakai digunung. karena toyota dulunya pabrik truk ya jip yang dibuat juga ga kira kira kuatnya. berkat jasa FJ40 ini maka toyota sekarang jadi pabrik mobil terbesar. makanya bos toyota sayang sama ini mobil.

  56. tito berkata:

    kalo peugeot 206 kira jira harga pasaran berapa,kekurangan &kelebihannya apa ya akasih

  57. sicka ika berkata:

    mobil jpg dan eropa.klw mobil eropa klw udh tua namanya mobil klasik.klw buatan jepang mobil yg udh tua disebut antik.itu bkn isapan jmpol blaka.kata2 klasik dan antik jg mnjabrkan klw klasik ttp byk ditemui dijlnan sdg antik itu berarti langka yg jarang lg kt temui.dimana2 jg ditemui klw mobil eropa ttp brtahan smpai yg kluaran thn 1920 klw mobil buatan jepang yg kluaran thn 60an ja sdh hilang dipasaran.

    • jhon berkata:

      Daya jelajahnya bro. Mobil eropa itu cuma di pakai pelan pelan,deket deket jarak tempuhnya. Udah 10 tahun pakai,kilometer masih rendah.di amrik sono,pengguna honda civic mengklaim mobilnya sudah 1 juta KM belum ganti seher. Mobil eropa? Mobil manja,cuma untuk di elus elus.

  58. aldan kusuma wibawa berkata:

    mungkin harga second mobil eropa lebih mahal juga karna faktor besarnya tenaga mobil tersebut sehingga jadi lebih boros bbm,,kan sekarang kebanyakan orang lebih suka mobil yang irit tapi nyaman sprti mobil jepang..

  59. Saat ini mobil eropa dan amerika sudah tidak kalah saing lagi dengan pabrikan jepang.

  60. Cingruru berkata:

    Ane ada pengalaman. Kurang lebih gini ceritanya Gan:

    1. Soal harga baru: tergantung kelasnya. Ane pernah bandingin sedan n hatchback baru di kisaran harga 300-400 jutaan. Yang ane lihat sih untuk sekarang udah sebanding. Contoh: Honda Civic 1.8 MT 2013 dibandrol 360 jutaan (tipe 2.0 diatas 400 juta), Toyota Corolla Altis tipe E (paling murah) juga 353 juta (tipe v/paling mahalnya di atas 400 juta). Bandingannya: Peugeot 408 2.0 dibandrol 340 jutaan, Ford Focus Titanium 2.0 (versi paling mahal) cuma 373 juta. Buat hatchback ada VW Golf TSI (358 juta), Ford Focus sport (353 juta), Peugeot 308 (400 juta). Itu belum diskon lho. Dari pengalaman ane keliling2 dealer, merek Jepang pelit banget kasih diskon. Honda aja udah pake telepon kepala cabang dealer n referensi boss di pabrik cuma bisa kasih 15 juta, Toyota ngga jauh beda. Bandingin sama merek Eropa yang bisa kasih sampe 75 juta (soalnya mereka kejar target bro, jadi kadang mereka ngorbanin margin).

    2. Soal harga bekas, sama-sama taulah. Toyota corolla altis 2004 sama BMW 318i 2004 harganya ngga beda jauh, padahal kelasnya beda jauh.

    3. Soal kenyamanan: Kalau orang-orang bilang mobil Eropa lebih nyaman, ane sependapat. Jauh malah. Buat agan2 yang belum pernah nyobain mobil Eropa, rasain sendiri deh. Bandingin BMW 520i E34 tahun 1994 sama Toyota Camry keluaran paling baru. BMW tahun 1994 cuma kalah di baunya (karena emang udah tua). Ane pernah test drive Toyota Mark X, Camry baru, n Honda Accord baru, dibanding 3 model itu, ane ngerasa lebih enak bawa Peugeot 408 yang notebene harganya cuma setengahnya.

    4. Soal kemewahan, handling, kualitas dan ketebalan : Jelas mobil Eropa Gan. Bandingin aja Audi A4, BMW 320i F30 (OTR sktr 600 juta), Peugeot 508 (sekitar 500 juta) sama Toyota Camry n Honda Accord (OTR sekitar 600 juta juga), atau Toyota Mark X (sekitar 600 juta, tapi diskonnya gedeeeee). Coba deh pegang itu dashboardnya Honda Accord, bukan polyurethane, atau kurang lebih sama kayak avanza, atau ketuk pintunya Camry, mirip kayak ketuk casing PC. Bandingin sama Audi, BMW atau Peugeot yang buat buka pintunya aja, musti pake tenaga ekstra. Untuk presisi juga beda, mobil Eropa QCnya lebih bagus. Coba deh perhatiin detail interiornya yang dari plastik, dari penampakannya aja udah beda.
    Buat interior dan teknologi, agan liat sendiri deh apple to apple yang ane sebut tadi.
    Kalau untuk handling, tetep Eropa lah. Honda Civic aja (katanya Honda suspensinya bagus n stabil) kalau nikung badan masih kebawa. Kalau dibawa lari masih terasa limbung, bandingin sm VW, Peugeot atau Ford yang sekelas.

    5. Soal performance n BBM (bukan whatsapp ye, soalnya BBM sekarang udah bisa di android..): Sejak tahun 2000, Eropa lebih ketat dalam meregulasi emisi, yang efeknya ke konsumsi BBM (kata orang Euro 1, 2, 3, 4, 5 dst). Kalau bilang mobil Eropa itu boros, mungkin buat era 60-90an itu berlaku. Itupun untuk beberapa tipe aja. Contoh: Peugeot 505 GTi sama Toyota Cressida lebih boros mana?
    Untuk tipe baru, VW Golf TSi itu bisa sampe 1:22-1:25 lho. Bandingin sama Honda Civic, yang paling banter di 1:18-1:20. Itupun pake transmisi Manual (Golfnya yang matic). BMW 320i F30 itu jauh lebih irit daripada Camry, even dibanding Camry Hybridpun masih ngga beda. Kalau ngga percaya, tanya aja ke salesnya masing-masing.

    Buat akselerasi, tetep Eropa. Mesin mobil eropa performancenya bagus, power sama torsinya gede2.

    6. Soal maintenance: kadang ini yang jadi perdebatan. Pengalaman ane sih, ongkos bengkelnya BMW E46 ngga beda2 amat sama KIA Picanto 2012. Udah gitu mobil eropa umur sparepartnya panjang. Untuk keluaran sekarang, rekomendasi untuk ganti oli (yang ada di manual book) sekitar 20.000 km. Mobil Jepang paling 10.000. Soal olinya? Sama aja tuh. KIA Picanto aja direkomendasiin untuk pake Total Quartz 9000 — Sama kayak mobil premium. Untuk merek2 Eropa tertentu (BMW, Mercy, Peugeot) malah sekalian paket free maintenance n service 5 tahun, jadi tinggal isi bensin aja.

    Just info aja sih Gan. Kalau secara pribadi gw sih prefer mobil Eropa. Soal harga jual yang drop, balik lagi ke diri masing2, buat apa mobil itu dibeli: dipake atau dijual?

    • yudi berkata:

      Cuma nambah dikit gan..
      Ane pake bmw jadul, 318i thn 1994 sejak 2004 (mbl second) sampe skrg.
      Bbrp teman yg pernah pake mbl ane, (altis, accord,genio, civic dll) byk yg kaget dgn performa mbl jadul ane.
      Intinya walaupun mobil eropa jadul ttp perawatan rutin… ya faktanya demikian gan.
      Sekarang ane sdh beli lg mpv chevrolet krn ane sdh merasakan nikmatnya mbl eropa.

  61. Andi Priono berkata:

    Halah jd bingung…pake Trajet aja ah…harga murah sekelas Inova…wew

  62. Kalau besar pajak BPKB mobil eropa vs mobil jepang, gmn yak? trims.

  63. wow berkata:

    klo gue milih mobil eropa

  64. Dhean berkata:

    Kalo ene sih cuma mau komentar kalo harga jual mah tergantung minat, kalo minat mobil eropa tinggi gw yakin 99% harganya juga pasti tinggi, dikarenakan saat ini orang Indonesia lebih sering minat sama mobil jepang jadi harga jual kembalinya juga tinggi…….

  65. basah@gmail.com berkata:

    ane pake carnival bikinan korea jg nyaman banget bro….body sama chasis depan tebelan carnie sama jepang punya…he he he pisss

  66. aza berkata:

    Hmmm…..mbl jepang vs eropa ya ? Sejak th 90an Sy pernah punya mbl jepang galant, eterna, accord, Subaru GSR, corolla 73, mazda 626, kijang kapsul injeksi, panther( 5 merk terakhir mbl jepang ini sudah terjual ). U/mbl eropa sy pakai citroen traction avant th 52( mbl hobi ya ), alfaromeo alfetta, alfasud, volvo 264 gl, 960 turbo, mercy mini, mercy tiger, boxer w124, peugeot 504, 405, 604 ( volvo 960 & mercy boxer masih ada ). Dari mbl sy semua di atas yg paling nyaman suspensinya adalah pug 604, kedua mercy, ketiga volvo. Memang Mobil eropa nyamannya tidak tertandingi. Untuk mbl jepang juga nyaman, tapi masih kalah dengan mbl eropa….

  67. Rf berkata:

    Knapa jadi sombong2an gini sih haha
    mungkin perlu dicatet kalo sebenernya business approach perusahaan mobil eropa, sama asia tuh beda. coba sekali2 browsing jangan mobilnya aja, tapi juga visi misi perusahaannya, latar belakang bisnisnya, pasti ngerti deh kenapa mobil eropa dan jepang bisa beda banget. latar belakang perusahaan beda ya pasti hasilnya juga beda, dan dari sana lu bisa narik kesimpulan kenapa harga, kenyamanan, performa, teknologi n apapun itu dari dua jenis mobil itu bisa beda

    jangan “maksain” pendapat berdasarkan apa yg udah lu alamin, krn tiap org pasti punya preference yg berbeda juga
    (inget ya gw bilang jgn “maksain”. ngasih pendapat sih boleh asal objektif)

    toh gw skrg megang dua mobil, corolla great 1.6 ’94 sama bmw e36 318i ’97, masing2 punya kelebihan kekurangannya masing2 ko. (i’m a sedan lover, not a brand-regionspecific-super-fanboy)

    urusan mobil mahal/boros sih tinggal cari duit, meres otak dikit, kan gampang. masih banyak peluang usaha ko di Indonesia. ga usah diambil pusing
    it’s that simple, pake apa aja oke asal make nya bikin bahagia.;)

  68. dani berkata:

    Kalo mobil jepang t
    ergantung mo dijual dimana..disitu qualitas diutamakan…

  69. hamba allah berkata:

    banyak cingcong semua,,,,,,,,,,pada bisa diem gak tuh yg diatas semua,kkkkkkkkkkkkkkkkkk,,,,mending bicara akhirat,udah pada tamat alquran berapa kali,,,solatnya udah bener gak ,jangan dunia trs yg di bicarakan…..he,,he,,eropa dan jepang dh jelas mereka orang kafir,,,,menurutku mending beli kuda ajah produk dari sang pencipta,,,,,,,,,,,,,wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk,,,,salam

  70. Wow that was strange. I just wrote an extremely long comment
    but after I clicked submit my comment didn’t appear.

    Grrrr… well I’m not writing all that over again.
    Anyway, just wanted to say superb blog!

  71. TiCtAc berkata:

    hasek sharing nya
    ane baru punya roda 2, lumayan baca2 ini jadi skilas ada ilmu bwy nyari r 4 mski second
    ๐Ÿ˜€

  72. dani buldani berkata:

    kalo menurut ane sih mobil eropa yang paling nyaman dan paling empuk suspensinya Citroen,..soalnya sy pake Citroen BX TRS16 th 90,..wuiih nyaman baget dikendarainya,…..

  73. Dika Maulana berkata:

    saya juga pakai mercy w211 c200 kompressor biasanya bini saya sering ceramah ntar sayang lah apalah nah ini kebetulan ketika dia mendengar pembicaraan tetangga saya di sebelah rumah kebetulan dia juga memakai mercy ya nah tetangga saya ngomong mercy lebih kuat tenaganya agak irit dan bodynya lebih tebal dan kuat setelah itu itri saya langsung percaya sehabis itu besok 2nya dia gak ngomong apa apa lagi tentang mobil mercy punya saya nah kebetulan saya mobil ada 4 di rumah ada punya saya 3 mercy w211 c200 kompressor pajero sport gls lancer evo 10 MR istri 1 yaitu yaris type j 2012 putih dia pakai saya minta sharenya ya tentang mercy saya sama yaris istri saya ya.agan

  74. Ping balik: harga mobil sport

  75. toni berkata:

    paling isomu cuma ngomg tok kmu punya penemuan apa hahaha
    paling penemuan nyari kodok. Apa jadi kulinya org jepang apa jongos nya org jepang

  76. anak kendari berkata:

    saya pengguna blazer pernah ditabrak bagian pintu depan (samping sopir) ama toyota rush, alhasil
    rush
    – kaca depan & kaca bagian samping sopir pecah full & jatoh langsung (bolong)
    – Body robek (seluruh sisi kanan rush depan sampe blkng)
    – bemper ancor lebur
    – kaki2 patah smua

    blazer
    – kaca depan sudut kiri bawah retak kena spion rush
    – body aman adem (hanya lecet di cat nya aja)

    dari situ sy sudah bisa simpulkan masalah kualitas safety & agan smua jg harusnya sudah bisa simpulkan mana yg paling safety, masalah pabrikan nda perlu dipertengkarkan krn itu smua buatan luar negeri, sekalipun smua berdebat forum ini toh,,,ga bisa buat kita2 dapat duitkan ๐Ÿ™‚ , mending agan2 saling share mengenai program pemerintah mau buat MOBNAS & kita rame2 berikan masukan masalah kualitas mobilnya nanti, biar MOBNAS jg bisa bersaing di pasar internasional & sejajar dengan kelas dunia suatu saat nanti, amin,,,YRA

  77. Dicky berkata:

    he..he..he..
    Saya juga pake opel vectra 95″ (jerman). Kata orang asli Build Up total, Saya belinya bekas tapi biaya memperbaikinya (bukan biaya merawat) supaya bisa kembali ke standard pabrik sama dengan beli bekasnya bahkan lebih. Sekarang cuman perawatan rutin biasa (ganti oli, tune up,dll). Saya juga punya mobil jepun (zebra 1.0 89″) buat kerja keliling toh biaya perawatannya juga lumayan. Kesimpulannya buat saya pribadi (orang lain pasti beda tapi EGP). Mobil eropa-ku biaya awal besar banget (karena belinya bekas) setelahnya enteng dan membusung bangga . Mobil jepun-ku biaya perbaikan dan perawatan murah banget, cepat dan gampang ngatasinya tapi juga cepat balik lagi ke bengkel tapi tetep disayang karena buat cari duit

    • ochoyw124 berkata:

      vote to eropa, ane pernah punya daihatsu zebra, classy,katana, evo2, taft gt, dan panther, yg sekarang tinggal, chev luv kb40 dan mercy 300e. dr performance sampe kualitas in&eksterior emang jerman gak ada matinya, kalo fc sama aja beti aja, 300e ane tembus 1:15 km, itu gimana setelan dan kondisi mesin aja, perawatan jg gitu, gimana kitanya juga, kl hobi elektronik mending ambil eropa krn bs dioprek sendiri(kl mentok tinggal seret kr bengkel heheheee..). krn beli eropa sama seperti membeli sebuah karya seni, dan yg penting dr produk eropa adalah safety, jarang saya liat mobil eropa tabrakan parah yg pengemudi dan penumpangnya ke liang lahat, paling cuma sampe puskesmas minimal tukang urut, kl jepang minimal ke icu u know lahhh heheheee…

  78. Kuya Ninja berkata:

    Mobil Jepang kuat di Indonesia karena factor pemasaran aja dan lebih dikarenakan ada pemberian pasar khusus dari Eropa atas permintaan Amerika, dan ironisnya justru Negara kita menjadi korbannya.

    Ketika Jepang kalah PDII, Eropa dan Amerika mewskipun menang perang naming mengalami resesi yang luar biasa, disisi lain adalah suatu bahaya apabila Jepang yang sudah di Bom Atom oleh Amerika masuk kedalam Blok Komunis, dan setiap perjuangan komunis selalu berawal dari kemiskinan Rakyat.

    Maka perlulah dicari suatu area atau Negara kaya sebagai perahan guna menyetabilkan ekonomi mereka. Dibawah Orde Baru terpilihlah Indonesia sebagai Negara target tersebut. Bukan tanpa perlawanan rakyat, pergerakan Mallari sangat aktif menentang Jepang untuk menjejalkan produk2nya di republic ini, betapa tidak pada tahun 45 mereka aktif membunuh para pria dan memperkosa wanita-wanita Indonesia namun tidak sampai 20 tahun kemudian harus mengundang pengkhianat Asia tersebut memjejalkan produk2nya di Indonesia.

    namun apa daya kekuatan mahasiswa saat itu mendapat perlakuan yang sangat represif dari rezim yang berkuasa. Amerika menyerahkan pasar otomotifnya kepada Jepang bukan tanpa pamrih. Dibuatlah suatu scenario khusus dimana:
    1. Jepang diminta menjauh dari pengelolaan seluruh sumur2 minyak di Indonesia, sebagai kompensasinya Jepang akan mengusai pangsa pasar otomotif dan elektronik Indonesia.
    2. Amerika akan memberikan bantuan (riba) kepada pemrintah Indonesia dan memaksa agar pemerintas mensubsidi harga BBM (padahal sumurnya punya kita dan hutangnya harus kita bayar hingga saat ini), kepada rakyat. Hal ini memberikan kesan baik sebagai pemimpin yang mampu mensejahterakan dan menurunkan harga beli masyarakat, padahal ujung2nya anak cucunya semodel kitalah yang harus menanggung ketika sumur2 kering dan hutang menumpuk.

    Disisi lain subsidi BBM ini akan menurunkan perlawanan rakyat2 didaerah akan penyerobotan asset2 mineralnya, karena mereka menganggap bahwa minyak itu murah, dan bagi si Jepang subsidi BBM ini akan pula membuat produk2nya cepat diserap rakyat-rakyat sok gaya pada masa lalu.

    Jadi jika sekarang membandingkan produk mana yang terbaik?, kesimpulannya terserah desain para agen2 ekonomi asing dalam mempengaruhi pejabat2 kita saja sih mau dibikin bagaimana, ..
    karena toh sebetulnya kita semua yang goblok mau dijejalin produk mereka.

  79. frans codet berkata:

    Uda gan masyarakat indonesia mampunya beli mbl jepang karena harganya lbh murah ya wajar2 aja teknologi mbl maupun daya tahan gak sama dgn mbl eropa gak usah dibanding2in hal2 yg memang diciptakan gak sama

  80. Oui Pug Luv berkata:

    Budget di bawah 100jt..saya pgn mobil yg nyaman,aman,vitur lengkap,keren,modis..
    Jd setelah bertanya tanya club2 mobil kanan kiri,mencoba test drive,berkunjung ke bengkel2 kawakan maka pilihan jatuh ke….Peugeot 307 sporty..karena sesuai dgn jalanan kota saya,harga seken yg terjangkau,prestise,lincah,dan tidak kalah dgn hatchback yg lain…

  81. riri berkata:

    maaf, cuma sharing apa yang ane rasakan aja, dari jaman ane belom lahir ortu ane udah punya mobil, kebetulan mobil jepang, semape sekarang ane segede ini ortu ane juga masih pake mobil jepang. sebenernya sih ane gak ada masalah sama mobil jepang, tapi ane pernah coba bmw 318 nya temen, dan yang ane rasain beda bgt sama mobil jepang.
    jujur, ane jatuh hati sama tuh mobil, pas kebetulan ada duit ane coba cari2 bmw yg agak murah, akhirnya dapet bmw 320i,, yang ane rasain beda bgt tuh..
    1. posisi nyetirnya lebih enak bmw
    2. larinya, bmw jgn di tanya deh, dengan cc seimbang bmw ane bisa ninggalin mobil jepang jaauuuuhhh.. bgt
    3. stabil, lari 140 km/h gak goyang sama sekali, gak kaya avanza nya babe ane, lari 110 udah serasa naik kora-kora di dufan.
    sorry, bukan maksud jelek2in mobil jepang, ini pengalaman ane aja sih, ane sendiri gak terlalu ngerti mobil, cuma bisa kebut2an aja..

  82. septon berkata:

    pas banget nih blog buat advise, ane lagi bingung milih pug 407 2005 saloon ato accord 2007 vtil yak…bimbang…

  83. 0yoo berkata:

    Sbg pembanding sj di kls hatchback dr pengalaman sy rawat fiat uno 90 lbh nyaman dibanding winner 90 /pun starlet 91 sy skg, imho..dgn usia relatif sm urusan kualitas sparepart di era itu sy pegang eropa, sbnrnya tinggal perawatannya sj, dl pernah coba mercy mini tahun 1975 itu puasnya jg luar dalem bos, ini mobil 2.0cc tp jarang jajan & malah gara2 mobil ini jg seumur-umur sy dikira org penting diberi akses parkir khusus dibukakan pintunya dan dipersilahkan spt pak lurah hahaha. . .padahal sy cm warga biasa ๐Ÿ˜€

  84. Yudi. A berkata:

    Ini suatu debat yg konyol, banyak yg cuap cuap tapi gk ada esensinya. Intinya, mobil eropa Standart Qualitynya lebih bagus dibandingkan nobil Jepang. Saya tahu betul faktanya, karena saya pengguna Mercedes-Benz SLK 200 AMG Cabriolet yg merupakan brand dari Eropa. Serta saya juga pengguna Toyota Vellfire type ZG 2.5 yg merupakan brand dari Jepang. Keduanya merupakan mobil CBU yg dirasa berkualitas di level harga yg tidak terpaut jauh. Akan tetapi yg saya bicarakan ini dilihat dari segi performa, ketahanan, kestabilan, manuver dan kenyamanan dalam berkendara saya percayakan pada brand eropa ‘Is The Best’. Kekurangan mobil Brand Eropa hanya satu, yaitu membutuhkan KANTONG TEBAL, untuk mendanainya karena memang dikhususkan untuk Golongan Kasta Tinggi (High Class). Sedangkan Mobil Brand Jepang cenderung kebalikannya, dan perawatannya lebih mudah mengingat raja pasar otomotif dunia memang dikuasai oleh negara Jepang. Sekian & Terima Kasih

  85. Vrye berkata:

    Bay de way.. klo opel optima gimana? Suka dukanya gituhh…

  86. joeAhmad. berkata:

    No offense, jepang vs eropa? Hehehhe ya jelas Mobil Eropa Lebih baik, lebih kuat, Lebih Aman. Kalau masalah harga jual rendah, apa lu makelar mobil second? Beli mobil untuk dinikmati dan di rawat Bro, bukan buat di jual belikan. So… mobil eropa memang tanguh tiada tara, murah meriah second nya, dan joss kualitas produknya. Jangan ragu. Rawat yang rutin sesuai aturan Pabrik. Pasti nyaman. #savety Diding.

  87. stanley berkata:

    mobil di film naruto buatan indonesia jos grandos
    #stanley stooner

  88. agan-agan berkata:

    Pengen liat komparasi yang ‘adil’ and fairplay?
    Sama-sama di kelas SUV, chasis dan price yang setara :
    Chevrolet Captiva vs Toyota Fortuner kalo ‘adu banteng’ jadinya kayak gimana ya??
    Wkwkwkwk..
    Mohon ijin dikoreksi kalo salah ๐Ÿ˜€

  89. arip berkata:

    nasi goreng ketan ..sedan kok dicompare ma m vi p soal kestabilan lari..yg boneng

  90. nurRizky berkata:

    Untuk kita di Indonesia memang lebih reliable pake mobil jepang. Kalau anda punya uang lebih jatuhlah ke movil eropa karna service yg lebih mahal. Mobil eropa tidak bertahan lebih lama dari mbil jepang karena panas hujan panas hujan dan suhu yang dihitung pun beda dengan jepang. mobil Amerika pun beda dengan mobil Eropa. untuk di Indonesia mobil Amerika lebih bertahan karna punya suhu sehari hari yang hampir sama kecuali musim dingin. Menariknya, mobil Amrik jika dibanding mobil jepang yang kelasnya sama harganya jauh lebih murah, jikapun harganya sama mempunyai fitur ekstra dan biasanya tidak dimilki oleh brand jepang yg terkenal “mahal dan pas-pasan”

  91. nurRizky berkata:

    maksud kalimat aya untuk beli mobil bekas ya***

  92. Burhan SK Von Dalhar berkata:

    Dari dulu aku selalu lebih suka mobil Eropa Daratan dari pada mobil Asia Timur. Sangat jauh beda kualitas dan kekuatan-nya, mobil Eropa jauh lebih kuat dan berkualitas dibanding mobil Asia Timur.

  93. FirstBeverly berkata:

    I see you don’t monetize your site, don’t waste your
    traffic, you can earn extra bucks every month because
    you’ve got high quality content. If you want
    to know how to make extra bucks, search for: Mrdalekjd methods for $$$

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s