jump to navigation

Mobil Eropa Lebih Bagus daripada Mobil Jepang Kualitasnya…??? 12 Januari 2012

Posted by rafiesatya in mobil.
Tags: , ,
trackback

Durabilitas dan kenyamanan (katanya) gak ngalahin mobil eropa..suspensi empuk..material kuat..dan daya tahan part juga lebih lama..benarkah..??? Memang sesuatu bisa dilihat kekuatannya dengan usia mobil..sampai dimana mampu bertahan oleh waktu… cepat menurun performanya,kualitasnya..cepat keropos…???

Mobil Eropa platnya tebal..buatan Jepang seperti kaleng..???

Benarkah demikian..?? atau hanya untuk mobil keluaaran 90-an ..memang mobil eropa plat/bodynya terbuat dari plat yang tebal…konstruksinya kokoh.. lain dengan mobil jepang lebih simple..ringan..bahkan ada produknya karena terlalu tipisnya body ketika ditekan biasa langsung penyok seperti kaleng :mrgreen:

Harga mobil eropa jatuh…mobil Jepang Stabil…

Nah bicara masalah harga justru mobil Eropa yang untuk nebusnya saja relatif lebih mahal dibandingkan mobil jepang tapi kala dijual justru anjlok..merosot drastis…

Well benarkah hingga kini anggapan yang demikian tetap ada?? dimana kualitas mobil eropa memang lebih kuat materialnya..???

About these ads

Komentar»

1. tyonugra - 12 Januari 2012

Klo soal kenyamanan dan durabilitas kurang lbh aj lah, tergantung tipe n varianny mobilnya juga sih…tp memang untuk varian yg sejenis/setipe mobil eropa lebih mahal entah krn pajak mobil eropa lbh mahal ato aplah, …

klo soal body mobil jg sama aj, tergantung tipe n varianny mobilnya juga cma klo untuk city car body memang lbh tipis dan ringan karena memperhitungkan ratio berat mobil dgn power mesin, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang…semakin berat mobil ratio berat mobil dgn power mesin, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang jd kurang efisien…rata2 mobil sekarang di buat dr plat besi atau baja tipis dan bemper plus asesoris lainnya di buat dari polykarbon jd ringan n cukup kuat lah….tp msh klah kuat dr mobil buatan jaman dulu yg d buat dr besi cor (tp berat ky kiat esemka)

soal harga jatuh, mobil eropa memang harganya jatuh karena masih sulit nyari sprepartnya dan layanan after salesny jg kurang banyak d banding mobil asia ato jepang

sok tau ya :) tolong d tambahkan atau d benarkan klo ad yg salah

herukuncahyono - 13 Januari 2012

sip berarti sekarang rata2 memang hampir sama ya :)

Shelby SuperCars Tuatara - 13 Januari 2012

Mobil jepang dulu bodinya juga tebel2. Soal harga jual kembali, itu tergantung merk & model, bukan masalah eropa & jepang IMHO.

herukuncahyono - 13 Januari 2012

gitu yah :)

Shelby SuperCars Tuatara - 13 Januari 2012

Mercy & bmw harga secondnya gak jatuh amat. Karena memang udah terkenal dari dulu.

kalo yg ini anomali, dulu harga barunya cuma 6 milyar (tahun 95), tapi sekarang harga bekasnya bisa 20 milyar

http://cache.jalopnik.com/assets/images/12/2010/04/macca.jpg

(McLaren F1)

arisman - 15 September 2013

saya sependapat, diantarahnya jarak negara eropah yg jauh walaupun mobil di negaranya murah dan pajak masuk di negara kta,saya tambahkan. Orang eropah lebih mengutamaka kwalitas dan keselamatan konsumen, sekarang ini karena menipisnya bbm di perut bumi akhirnya negara produksi berlombah mbuat mobil emat energi jadi kalau mobil tdk terlalu berat mesinnyapun bisa kecil.

2. Ghuno - 13 Januari 2012

masalah kenyamanan dan keamanan mobil2 eropa/amerika memang beda jauh apa lg teknologinya dengan mobil jepang, nah kalo mobil eropa jarang ad yg kropos meskipun sdh lebih dr 10 thn klo mobil jepang mayoritas sudah kropos, masalah sprepart mobil2 eropa/amerika kalo di kota2 besar ga susah kok, tp harganya itu yg menang mahal tapi sesuai lah dengan kualitas umur pakainya yg lama… klo masalah jual kembali itu tergantung brandnya toh banyak jg mobil2 jepang yg harga jual kembalinya yg jatuh…

herukuncahyono - 13 Januari 2012

Brand image kali yah mas bro :)

3. pedal2themetal - 20 Januari 2012

Hahahaha…..Menarik judulnya ; “Mobil Eropa Lebih Bagus daripada Mobil Jepang Kualitasnya…???”

Sedangkan 2 dari 3 foto diatas, adalah mobil dari Prancis yang terkenal rewel elektriknya :lol:

Bagi saya sih, mitos itu sudah lama hilang…Prestise mobil Jepang & Eropa sudah cukup setara, misalnya produk dari Toyota & Honda. Lagipula konsumen juga sudah cukup pintar dalam menilai mobil, entah dari media cetak ato mulut :)

Kenapa brand Eropa lebih dikenal mewah di Indonesia, karena dulu mobil-mobil yang masuk dari sana, rata-rata tipe mewah & cukup bergengsi. Coba yang masuk itu Fiat 500, Yugo, Talbot, Reliant….Mungkin persepsinya akan berbeda :D

rouzzz - 11 April 2012

ah siapa bilang mobil perancis rewel elektriknya, saya pemakai Peugeot 505 GR 1985, seperti foto paling atas (warisan om sy), & Peugeot 306 Le mans (sudah 4 tahun pakai). gak ada tuh rewel-rewel elektriknya. apalagi 505 terkenal banget badaknya + nyaman lagi. yang penting jangan salah pilih bengkel. kalau mobil peugeot dibawa ke bengkel yang cuma ngerti toyota, daihatsu, suzuki. ya amburadul.

u/ 505 GR biar sudah tua kenyamanannya masih jauh lebih baik dibanding GReco atau Allnecorr, bahkan dibandingkan AV-av-z.

silahkan agan coba & rasakan sendiri jika teman agan ada yang memiliki 505 GR dengan kondisi baik. setelah itu coba mobil yg saya sebut diatas. pasti sependapat dengan saya.

joko - 4 Desember 2012

biar saya perjelas ya, kalau mobil eropa elektriknya rewel bukan karena bahan tembaganya jelek tetapi karena insulatornya/plastik pembungkusnya didisain lebih ke suhu dingin jadi kalau kena panas mesin + sinar matahari tropis mudah getas dan patah, tapi ga hanya mobil eropa sih, mobil diesel juga sama penyakitnya kabel listrik di mesin getas (pdhl mobil jepang) yaitu tadi karena suhu diesel yang sangat panas.

4. inline4 - 21 Januari 2012

kalo memang lebih bagus eropa kenapa toyota corrlla menjadi mobil terlaris dunia sepanjang masa?
di indonesia mobileropa duluan masuk bersama penjajah belanda,jadi jaringan sales-service-sparepart nya lebih lengkap..tapi begitu mobil jepang masuk awal tahun 70an,satu per satu merkm mobil eropa bangkrut dan menutup dealer di indo.padahal mobil jepang pada masa itu adalah pemain baru yang jaringan 3s nya masih sangat terbatas,sedang mobil eropa jaringan 3s nya sudah menyebar di seluruh indonesia.kalau memang mobil jepang lebih jelek tentu tak akan mampu bersaing dengan mobil eropa pada masa itu disini.kenyataannya sekarang keadaan berbalik dari tahun 70an.
tentang plat body mobil jepang yang katanya lebih tipis,apa pernah ada yang membandingkannya langsung?kalo kita membandingkan mercy s class seharga diatas 2m denga avansa yang cuma 100jtan jelas masuk akal kalau tebal plat bodinya berbeda.tentunya anda akan mengatakan kalo mercy s class lebih tebal plat bodynya.Tapi bagaimana jika yang dibandingkan adalah mercy s class seharga diatas rp2M dengan lexus ls600h yang disini juga dijual diatas rp2M?apakah plat body mercy lebih tebal dari lexus dengan harga yang setara?
menurut saya membandingkan kualitas mobil itu bukan dilihat dari negara pembuatnya tapi bisa dibanding kan berdasarkan kategory nya
kalau kualitas kendaraan jepang lebih rendah dari eropa tentunya toyota tak akan mampu jadi market leader mobil dunia dan honda tidak akan menjadi market leader sepeda motor dunia…..betu gak dab?
jadilah orang yang obyektif dan tidak termakan mitos kuno tentang kualitas mobil eropa dan jepang.
karena konsumen di eropa pun sudah sangat obyektif akan hal itu.

Ari - 8 Maret 2012

Gw pikir sih Toyota Corolla sudah tidak menjadi mobil terlaris sepanjang masa lagi, buktinya waktu gw Desember kemarin di new york dan beberapa state lainnya hampir dibilang Toyota Corolla agak jarang kelihatan… Justru yang gw lihat banyak berkeliaran Hyundai Sonata yang baru … Malah saudaranya dari Jepang, Honda CRV dan Honda Accord banyak berkeliaran… Kalau Toyota yang sering berkeliaran justru Toyota Harrier dan Toyota Camry… Hampir dikata gw jarang banget lihat Toyota Corolla…

Kalau dibilang mobil Eropa lebih bagus dari mobil Jepang mungkin bisa saja… Apalagi mobil Jepang banyak recallnya jika dibandingkan dengan mobil Korea, America dan Eropa. Kalau di Indo, gw sering banget lihat mobil Jepang yang mogok di jalan… Itu semua bisa saja karena memang kualitas produk Jepang sudah tidak sebagus dulu. Contoh lainnya produk elektonik spt Sony dll sepertinya sudah tergeser sama produk Korea seperti Samsung dkk, dan juga handphone Sony Erricson yang sudah tergeser sama produk apple dan Samsung… dan masih banyak lagi…

Xrehan - 11 November 2012

itu karena anda pencinta K POP bero :mrgreen:

Schatzi - 14 Juni 2013

ane pake pug 505 GTi (injection) – 2200.cc gak ada kendala’a neh…malahan ane turun kejalan gak ada lawan’a neh gan…apalagi mesin jepang/korea atau merk apalah itu gk jelas yg CC’a cuma sebanding sama bajaj…hehe…maklum ajah gan ane beli kwalitas mesin bukan cassing gan..2200.cc gitu loooochh…hehe…

joko - 4 Desember 2012

mas cerdas dikit, corolla paling laris sepanjang masa itu cuma satu serie atau semua serie ditotal penjualannya? kalau cuma satu serie berati masih kalah tuh sama vw kodok yang cuma satu model penjualanya (ga termasuk vw new beatle)

5. red bull lancer - 3 Maret 2012

Pasar memang sering tidak rasional.

6. rulrul - 12 Maret 2012

ikut sharing nih dan berbagi info ..

mobil eropa vs jepang

mobil eropa/amerika
-Kelebihan
Interior dan eksterior mantab.
Kualitas besi lebih bagus.
Fitur canggih.
Mengutamakan safety
Bandel
spare part jarang yang KW
umur sparepart bisa bertahan 6-7 tahun

Kekurangan

Boros.
Spare part mahal dan susah.
Service tak bisa ke sembarang bengkel.
Terlalu berat bodynya.
Harga jual rendah

mobil eropa dalam pembuatan mobilnya megutamakan 3K 1T, yakni:
3K=kenyamana,keamanan,keselamatan,
1T=Teknologi

mobil jepang

Kelebihan

Irit.
Bodi Ringan
Handling gampang
Spare part murah dan banyak
Service bisa di sembarang bengkel.
Harga jual tinggi

Kekurangan

Body gampang kropos
Melayang bila di kecepatan tinggi
Terlalu mengutamakan gaya dan mengejar harga sehingga part kurang berkualitas.
Tidak eksklusif karena banyak yang punya
Safety kurang, misalkan banyak yang gampang dicuri
umur sparepart hanya bertahan paling 3tahun saja dan banyak KW nya

dalam hal mobil
mobil eropa sudah berpengalaman dan memiliki kualitas dan teknologi yang sangat tinggi dalam mobil mereka dan mobil jepang dari dulu hingga sekarang belum bisa menyaingi mobil eropa.

sebagai bukti
Mercedes Benz dan BMW adalah perusahaan mobil pertama dan kedua berdiri dan perusahaan mobil tertua didunia.
mercedes benz sudah banyak mebuat penemuan pada mobil mereka dan mobil Jepang hanya mengikut ikut saja dan tidak ada inovasi yang mereka temukan

bukti penemuan mercedes benz
-penemuan mobil dengan radiator dan karburator
-mobil dengan rem discbrake di ke empat rodanya
-penemuan airbags dan Program Stabilitas Elektronik (ESP) Mercedes-Benz tidak membuat berita besar-besaran tentang penemuannya ini. Mereka malah membuat lisensi teknologi ini untuk digunakan oleh para pabrikan otomotif lainnya di seluruh dunia-dalam nama meningkatkan keamanan pengemudi dan penumpang
-penemu transmisi automatic(A/T)
-Mercedes-Benz adalah penemu dari sistem yang dinamakan Pre-Safe, yang gunanya untuk mendeteksi adanya kecelakaan tak terduga dan menyiapkan sistem pengaman mobil sehingga bisa merespon dengan tepat. Teknologi ini juga dapat menghitung berapa tenaga rem yang diperlukan untuk menghindari kecelakaan pada situasi kritis, langsung bekerja saat pengendara menekan pedal remnya. Para penumpang juga diamankan dengan mengencangkan sabuk pengaman, menutup sunroof dan jendela, dan mengubah posisi tempat duduk ke posisi optimal.
-BMW adalah penemu rem ABS
-Chevrolet penemu sistem pembakaran Injeksi

penemuan dari mobil jepang
-toyota menemukan sistem hybrid pada mobil mereka
dan hanya itu yang bisa mereka temukan..

mobil jepang dalam produksinya mengutamakan gaya dan hargatetapi kualitas dan keamanan dikorbankan.
mobil eropa tidak seperti itu,mereka memiliki keseimbangan terhadap produk mereka yakni 3K 1T,

JADI,MOBIL EROPA LEBIH BAIK DARIPADA MOBIL JEPANG.

jepang dari dulu menantang mobil eropa untuk bersaing
memang,,mobil jepang adalah penguasa pasar otomotif terbesar.tapi mobil mereka memiliki kualitas dan safety yang buruk.

maaf kalau ada pemilik mobil jepang yang tersinggung..saya pun pemakai mobil jepang, tetapi saya disini objektif dan terbuka..memang inilah nyatanya.!

Schatzi - 14 Juni 2013

mobil eropa gitu looocchhh…hehehe….

dany - 20 Juli 2013

saya sependapat dengan komentar ada,,,,lagi pula penemu mobil pertama asalnyadari eropa…hehehhe

ryan - 24 Agustus 2013

mantabbbbbbsss

7. billy - 22 Maret 2012

Memang benar saya adalah pemilik mobil eropa khususnya peugeot 405SR era-90.sampai sekarang mesin dan body masih top…

8. sandy - 25 Maret 2012

mobil eropa platnya lebih tebal dari jepang ? ya itu betul

urut urutannya adalah,
paling kuat dan tebal adalah amerika punya, kedua eropa dan terakhir jepang.

kenapa amerika pertama?

ini karena sifat orang amerika yang suka akan kekuatan dan kebesaran, pepatah mereka Big is better !, silahkan liat mobil mereka era 70 80an, sangat besar boros dan bodynya sangat kuat.

kedua eropa, sebetulnya konsumen utama mobil eropa adalah orang eropa sendiri, orang eropa mendisain mobil dengan sentuhan seni, bukan sekedar membuat mobil, jadi mereka mendisain kendaraan yang long lasting. tentu plat yang digunakan harus cukup tebal, mengingat iklim eropa yang bersalju (jalan di eropa sering ditebari garam agar salju mencair), sudah banyak buktinya mobil jepang masalah umumnya di body yang keropos, kalau tidak percaya silahkan search jip-jip jepang buatan tahun 90an yang di gunakan di jerman dan inggris. hanya fj 40 saja yang ketebalan platnya bahkan mengungguli eropa, tapi borosnya 1:4

ketiga jepang, mobil jepang dibuat untuk produk global, mesin-mesinnya tahan banting, bahan bakar efisien, sayang ini mengorbankan ketebalan plat, banyak mobil jepang yang mesinnya masih bagus, tapi bodynya sudah berkarat/bolong

tapi……….

ada tapinya, untuk era 2010an hal tersebut diatas batasnya sudah kabur dan rancu, mercy yang dulu platnya sangat tebal sudah mengurangi ketebalannya, semata-mata era sekarang yang cenderung ke efisiensi, chevrolet yang amerika, ternyata ada produk daewo korea (asli kaleng kerupuk juga), jadi sudah tidak relevan lagi dijadikan acuan eropa amerika dan jepang, karena semuanya mengarah ke efisiensi (go green)

9. Toko tas online - 3 April 2012

Na terus perbedaan harganya selisih berapa

10. Samuel - 19 Mei 2012

Untuk soal plat tebal ato ngga nya gue harus bilang mobil amerika paling tebal dan paling safe kalo soal tabrakan. Gue pake Chrysler 300C pernah nabrak mobil Toyota corolla model baru waktu parkir karena Ceroboh. Chrysler gua lampu belakang pecah sedikit and baret ga banyak sama sekali dan ga penyok tuh corolla penyok di sisi kiri depan nya plus lampu nya pecah berantakan. Pernah juga gua liat hummer H3 tabrakan ma toyota van ga tau merek pastinya toyota apaan gua lihat pasca kejadian di freeway. Hummer nya kelihatan selamat banget penyok sedikit. Tuh toyota van udah kaga karuan lagi bentuk hidung mobil nya dan ban mobil kanan depan udah ringsek juga pengemud toyota udahi teler di pinggir jalan. Jadi kalo soal plat tebal dan safety jangan ragu kan mobil amerika. Walaupun dulu sempet dapet predikat mobil amerika paling rewel under the hood, tapi seiring dengan perkembangan zaman predikat itu sudah berangsur angsur hilang. Terima kasih.

11. quickly - 21 Juni 2012

soal ketebalan, tergantung tipe sama jenis mobilnya sendiri. saya pakai blazer pernah nabrak mobil bmw. Blazer saya tidak penyok ato cacat sedikit pun. paling cuma baret2 halus. Mobil bmw nya, penyok abis di bagian pintu..

klo ga percaya, coba pake jeep toyota land cruiser jadul trus tabrakin sama mercy. kira2 penyok yg mana?

joko - 4 Desember 2012

ya atuh mercynya babak belur dong, itu moncong mercy ketemunya sama chasis fj40 ga imbang lah, sama sama yang tinggi dong, chasis lawan chasis, fj40 lawan blazer boleh di coba tuh, (chasis blazer gede juga) he he he

rover - 9 Februari 2013

kalau lady tabrakan sama avzaaa jadinya kaya apa ya????

joko - 26 September 2013

kaleng kerupuk nempel di panci rombeng ha ha ha …(khas guyonan pemilik landy)

seno - 29 Mei 2013

temen sya pake vw safari jerman’73 standar kecelakaan (tabrakan ‘adu banteng’) sama toyota land cruiser (hard top jadul taun 70 atau 80an), hasilnya toyota land cruiser-nya bag dpnnya ancur mesinnya copot dr gearbox-nya. vw safari tmn sya moncongnya jg ancur dihantam bumper toyota land cruiser yg tebel bgt, tp aneh tanki bensinnya si vw yg ada di bagasi dpn aman, mungkin karna ada ban cadangan yg nahan di bagasi depan. sementara mesinnya adem ayem nangkring dibelakang. ini fakta, mangga ambil kesimpulan sendiri. yg penting keduanya ga ada korban serius.
so Keep safety first.

Schatzi - 14 Juni 2013

gk sebanding lawan’a ya jelas ajah penyok dul…gk skalian ajah nabrak becak ajah…hehehe…

dikayuda - 21 November 2013

Bemper blazer vs pintu samping BMW? wah gak salah testi tuh?
kaya nahan pukulan tangan pake pipi,,

12. tilas tapi raos - 8 Juli 2012

tolong donk di kupas perbedaan mobil korea dan jepang terutama mengenai keawetan onderdilnya

13. yesi - 26 Juli 2012

405 Sri91, saya ngga ada keropos2 nya sama sekali, elektrik juga ngga pernah bermasalh, sola kenayamanan, dibandingkan Altis juragan saya jauh lebih nyaman punya saya..

Firdaus - 23 April 2013

Saya rencana mo beli 405 SR th ’90 an. Aku mo tny2 boleh ya…??? Kira2 perawatan gmn? spare part bnyk yg jual gak? (mahal wajar asal ada yg jual). Konsumsi bensin gmn? (kira2). Pajak /thn brapa?. Cukup ini dulu aja, ntar klo ada yg krang jelas tanya lg ya… Thank’s… (o iya, saya ada di daerah Surabaya dan sekitarnya)

14. jablud - 29 Juli 2012

Klo masalah keamanan & kenyamanan memang mobil eropa setingkat di atas mobil jepang dengan harga yang sama. sparepart mobil amrik dan eropa lebih mahal karena memang lebih awet dan jg jarang tersedia versi KWnya beda dengan mobil jepang yg bnyk tersedia versi KW 1,2,3,4,5 nya.

15. DMR - 8 Agustus 2012

“pertikaian boil eropa and jepang” impressive menu.
Btw, saya sendiri pakai Peugeot udah 18 tahun, ganti-ganti sudah 4 model dan jelas second hand lahhh… Nih pandangan saya aja ya (subjektif), kalau boil Jepang saya perhatikan lebih concern terhadap efisiensi, after sales dan simplisitas. Kalau boil Eropa lebih concern terhadap kenyamanan, keamanan dan kekuatan (durabilitas). Semua bergantung terhadap selera dan opini pengguna terhadap mobil yang menjadi pilihannya. Selamat mengemudi to all, jangan mengantuk, dan stay safe….

16. Muhammad - 10 Agustus 2012

Menurut Saya Mobil Amerika menjual ‘kebanggan’, mobil eropa menjual ‘karya seni’, dan mobil jepang menjual ‘pertimbangan logis’, latar belakangnya adalah budaya masyarakatnya, dan tentunya ketersediaan sumberdaya alam..

Farhan - 10 Juni 2013

sip, bener banget.

17. Amira - 16 September 2012

saya pemakai peugeot 505 gti sudah dari baru th 1988,sampai sekarang saya masih pakai,nyaman coy…coba mobil jepun sedan apapun merknya tidak ada yang senyaman my pug 505 gti,elektriknya jg tidak pernah rewel.rem keempat rodanya cakram sangat nyaman sekali,sedan jepun tidak ada yang rem nya cakram semua,tapi semua tergantung selera masing2,mau eropa atau jepun,salam

joko - 4 Desember 2012

pakai citroen dong, atau lawan bapaknya si 504, suspensinya aji gile, pulisi tidur 20 cm ga pakai ngerem di hajar langsung, itu mobil ga goyang sama sekali

seno - 29 Mei 2013

setuju gan, sya bukan pmakai citroen tp pmakai vw kombi jerman… citroen juara buat kenyamanan jg kemananannya karena punya kemampuan height corector, tapi ngerawat sitem hidropneumatic-nya hrs juara juga biar citroennya ttp juara. tapi sulit buat kebanyakan org indo bisa se-telaten org perancis dlm hal ngrawat citroen, makanya citroen kurang bisa diterima di negeri ini.

Niddurabas Namila (@om_limen) - 16 Januari 2013

jadi kepengen pake peugeot 505 neh :D
tapi onderdilnay gimana? susah gak?

rover - 9 Februari 2013

sama, bagusan gr apa gti ya

Yoga Ramdani - 1 April 2013

susah sih gak mahal juga nggak ya sama dgn hargay part toyota n honda

18. whitesmilee - 26 September 2012

mobil amrik juga bagus :mrgreen:

19. amang - 4 Oktober 2012

kayaknya ciamik tuh pug 505!!!

20. 111111 - 8 Oktober 2012

mobil eropa suspensinya semua indpendent,saya tidak menemukan suspensi seperti itu di sedan2 jepang,naik sedan jepang agak seperti naik “gerobak”,tapi semua kembali selera,peugeot 505 gti saya bisa top speed 180 km/jam tanpa gejala oleng,tapi klo mbl jepun lari segitu bodi sdh kemana2,peace

rafiesatya - 8 Oktober 2012

Sip

Schatzi - 14 Juni 2013

GTi gitu looocchhh…hehehe….

21. dedi - 9 Oktober 2012

mobil eropa,mobil jepang alias bisa di bilang asia vs eropa. kalo di indonesia jelas mobil buatan jepang lebih laku itu di karenakan daya beli masyarakat indonesia kan rendah jarak antara si miskin dan si kaya sangat jauh. itu yang membuat mobil mobil buatan jepang jadi penguasa pasar kalo di indonesia bahkan dunia. berbeda dengan mobil eropa dalam membuat sebuah mobil mereka nanti bicara buged yang penting mobil di buat seperti apa konsepnya. setelah mobil jadi baru harga menilainya beda dengan mobil buatan asia survei dulu daya beli masyarakat baru bukin product.

22. deh - 15 Oktober 2012

gampang banget kok :p

Masih ada yang liat starlet, escudo, vitara, panther, hardtop, corola twincam, civic wonder/ grand, dan gan, eterna, dll ??? it’s gone with the wind…..

Masih sering diliat di jalanan, mercy boxer, jeep mercy, bmw m40, peugeot 406/ 206/307, bmw e36, mercy tiger

Mereka sama2 dari era 80-90an, bahkan VW kodok masih jalan…

European is timeless, they create cars with souls… it’s all about feelings, once you try one of them you’ll know. Kebetulan saya pake dua2 nya. Kombinasi Toyota, Mercy, Honda, BMW selalu ada di garasi.

They invented almost everything in automotive industry and automotive world..

The car engine itself, ABS, Airbag, Turbo, Supercharger, Twincam/DOHC, Carburator, Radiator, Engine electrical system, Injection, Variable Valve Timing, Climate Control, Multifunction Steering, Catalytic Converter, Oxygen Sensor, Tempered Glass, Single Blade Wiper, Frameless Wiper Blade, Ball Bearings, Suspension System, Relays, Automatic Transmission, Double Clutch, Xenon Light, Bi-Xenon, sampe ke klaxon… thanks to Mercedes, BMW, Audi, FIAT, Volkswagen, Peugeot, Siemens, VDO, BOSCH, ZF, Hella, Lemforder, MAHLE, Brembo, dll….
*kepanjangan kalo di sebutin semua…

Semua di ikutin sama Jepang 5-10 tahun kemudian. Memang Jepang berhasil bikin mobil terlaris di dunia, dan Toyota is the biggest car company in the world. But, ….they are soulless….it’s just a machine. That’s all. When it’s broke, buy new one. Bahkan Toyota harus mengeluarkan kocek sangat besar untuk mendevelop Lexus, untuk bisa masuk ke kategory luxury, ….dan mereka terpaksa melakukan nya di Amerika, untuk bisa mendapatkan soul & feeling dari westeners…

Japan is logic, when your casio broken, throw it away…

Europe is emotion, when your rolex broken, get it fix, you can heritage to you son, and he will be proud and one day, it become valuable items…

Japan is current, HKS, Denso, NGK, Mugen, Nismo, dll… new model come, swap it.

Europe is investment, Brabus, Schitzer, Eibach, AMG, wash it, polish it, keep it, and enjoy it…..

Salam

ngorok sekseh - 15 Oktober 2012

like it :mrgreen:
tapi gw pengguna escudo 1st gen masih banyak kok…

Niddurabas Namila (@om_limen) - 16 Januari 2013

nice share. sangat bermanfaat buat newbie neh :D

joko - 26 September 2013

Masih ada yang liat starlet, escudo, vitara, panther, hardtop, corola twincam, civic wonder/ grand, dan gan, eterna, dll ??? it’s gone with the wind…..

koreksi dikit ya om, untuk jepang yang masih eksis setahu saya ada Toyota FJ 40 dan Suzuki Jimny, dua mobil ini adalah trademark merk masing masing, dan sampai sekarang bodypartnya masih diproduksi ! mirip seperti mercy yang punya divisi klasiknya.

23. Adhi - 31 Oktober 2012

Mobil eropa penjualannya lebih sedikit dibandingkan dengan mobil Jepang dikarenakan mobil eropa relatif lebih banyak bermain di kelas mobil premium yang harganya jg lebih mahal..otomatis dari jumlah populasi penjualannya mobil jepang pasti lebih banyak dibandingkan dengan mobil eropa..namun dari segi sefety dan kenyamanan, ga ada yang meragukan kualitas mobil eropa..good luck.
.

24. taufik - 5 November 2012

kalau lihat harga dari mobil eropa dan mobil jepang,tentu berbeda,jauh,karena mobil eropa masih sebagian besar adalah mobil CBU(complete built up)walaupun sudah ada beberapa brand mobil dari eropa yang merakit mobil nya di jakarta,seperti peugeot 206,dan bmw x series,,dan tahundepan renault menyusul,tetapai walaupun sudah rakitan indonesia,tetapi bahan&komponen nya masih dari benua eropa,dan standar kualitas dan safety nya tetap sama dengan rakitan di eropa nya,,makadari itu harga nya mahal,,,(masih banyak faktor juga sih)
kalau mobil brand jepang,kebanyakan sudah CKD,atau hampir 100% rakitan indonesia,dan bahan baku nya juga 100% dari dalam negeri,sehingga harga nya bisa murah meriah,walaupun banyak brand mobil jepang yang mengesampingkan hal safety,jadi bisa menekan hargaa,beda dengan mobil eropa,mereka tidak bisa negesampingkan safety,,,oh ya saya juga pengguna toyota avanza&peugeot 806,,jadi bisa merasakan perbedaan nya,,,tetapi kembalilagi kepada selera masing masing individu,,,,peace

joko - 4 Desember 2012

mas masa avanza sama 806 dijadikan acuan eropa jepang, ibarat membicarakan gerobak dengan mini bus (yang satu ada pernya yang lain ga ada)

jeffery - 20 April 2013

Maksud mas Taufik harga Peugeot 806 th 2000 sama Toyota Avanza2004 kan setara.

25. whitesmilee - 20 November 2012

mindsetnya mbah, tp yang jelas standarnya lebih tinggi eropa cuman klo di negara kita masih ke jepangan

26. suwarno - 24 November 2012

jadi bingung nih.. kaum homosek ( hoby mobil seken ) hehehe..

27. kacer - 26 November 2012

Giman dengan mobil koreaw?

28. Pupung - 27 November 2012

By the way anyway and that’s okay…… Sekarang sudah gak jamannya mengatakan ini jepun punya,amrik punya,europe punya….. Orang mereka rata2 sudah melebur menjadi multi nasional company. Dimana mereka sudah punya tim R n D yang bertugas mengorek mind set calon pembeli dimasing-masing tempat diseluruh dunia. Sehingga untuk tiap2 negara akan diberikan “jatah” mobil sesuai dengan selera calon pembeli dinegara tersebut. Bahkan untuk satu jenis dan merek mobil saja,spesifikasi ditiap negara bisa berbeda. Depend on daya beli dan kebijakan dinegara tersebut. Contohnya Toyota untuk pasar indonesia dan amrik platformnya sama,tp type engine n perangkat tambahannya (safety n entertainmentnya) beda. Di Amrik dgn tingkat ekonomi penduduk yg sangat mapan dan jalan yg lebar2 dan mulus,penggunaan cc besar dimungkinkan,di indonesia yg 50% penduduknya masih berpenghasilan dibawah 5 USD/hari perlu mobil mobil yg “murah” dan tidak terlalu besar performa enginenya. Yg penting bisa bawa anak istri,mertua,pakde bude dll. Alias people carrier. Sedang di eropa sana,kesadaran akan safety sangat tinggi,jadi bila sebuah mobil dibilang city car maka dia akan dipakai untuk didalam kota atau sekitarnya. Beda dgn di Indonesia,ada yg punya Daihatsu Ceria buat mudik ke Sumatera,Jateng,Jatim dsb. Ada pula yg beli mobil segede Innova tapi jarak tempat kerja dengan rumah hanya 5-10 km. Jadi…..monggo dipilih yang sesuai selera dan kemampuan. Yang penting SAFETY AND FUN (kaya iklan kondom)

29. CorAbs96 - 5 Januari 2013

Misi mas-mas, om-om mau comment dikit,
kalo menurut gw sih sekarang emang udah gak terlalu signifikan lagi perbedaan antara mobil amerika, eropa, ataupun jepang, toh mereka juga punya kategori ato pangsa pasar sendiri-sendiri buktiny di ajang wrc ato paris-dakkar mitsubishi dengan produk lancer evolution yg notabene udah generasi 10 sekarang juga pajero, bisa berdiri sejajar dengan mobil-mobil amerika macam ford ato eropa macam citroen ato peugeot. jadi sekarang udah bukan jamannya lagi ngebanding-bandingin mobil ini dengan mobil itu ato merk ini dengan merk itu toh saya yakin kalo toyota crown yg dipake anggota DPR yg terhormat itu juga ngga jauh beda dengan mercy s class ato toyota camry dengan mecy e class. jadi kalo dibandingkan harus dengan yg sekelas baru akan kelihatan perbedaannya toh semua mobil juga punya kelebihan da kekurangan masing-masing. lalu yg lebih penting sekarang adalah bagaimana agar negeri kita Indonesia tercinta ini juga punya kemampuan dalam memproduksi mobil sendiri jangan hanya terus menjadi pasar yg hanya akan menguntungkan negara lain, masa kita mau kalah terus dari ngara tetangga serumpun yg bahkan sekarang sudah menjual mobil produksi dalam negerinya di Indonesia…
Salam Damai

30. Hastomo - 6 Januari 2013

Menurut saya yang orang awam :
akan sangat tidak adil bila membanding – bandingkan mobil eropa dan jepang seperti contoh – contoh diatas. Misal : Avanza Vs. Peugeot 505, itu kan beda kelas. Saya pernah pakai 505 beberapa tahun dan dikantor pake avanza…ya beda…avanza keluaran baru bisa dicek harganya berapa sebagai bandingan bisa dicek juga harga peugeot sero 5 (508) keluaran baru biar adil :)

Untuk urusan berapa ketebalan body juga menurut saya tidak perlu diperdebatkan, yang terpenting adalah bagaimana kemampuan mobil tersebut terhadap situasi2 diluar batas (baca : tabrakan). Untuk hal ini bisa dilihat hasil crash testnya tiap mobil di NCAP. Monggoo dilihat perbedaannya :D

Untuk urusan kenyamanan ya kembali ke kelas tadi. Kalo kelasnya sama dan sama2 baru saya rasa untuk akhir2 ini sudah setara lah mau dari manapun. Tapi kalau di indonesia beda lagi ceritanya. Misal anda punya uang 50 juta ingin membeli mobil. Dari semua mobil dengan harga itu yang paling nyaman yaa mobil eropa,he he he…

Regards

ridertua - 7 Januari 2013

sipp…

31. Nurul af - 7 Januari 2013

Bingung jadi nya

32. joko - 10 Januari 2013

weleh weleh komparasi gambarnya ga salah tuh, pug 505 kok dibandingin sama corolla altis? ya beda kelas dong mas, pug 505 itu diatas 405, sedangkan 405 sendiri lawanya accord sama corona, jadi peugeot 505 cocoknya dibandingkan sama cressida baru seimbang! kalau sekarang lebih cocok sama camry !

33. bimmerlover - 28 Januari 2013

membandingkan antara eropa vs jepang tentu tidak bisa serta merta setiap mobil bisa dibandigkan tentunya, ya harus apple to apple lah. semua kembali lagi pada masing2 perspektif konsumen di Indonesia. bila memulai dari awal 80-an tentunya kita tau yg namanya legenda jepang yang namanya kijang hingga menguasai pasar otomotif indonesia hingga kini. benar bila jepang melihay dari perspektif yg logis, mobil keluarga muat banyak, murah, ekonomis, mesin tangguh, apalagi coba. berbeda dengan eropa yg masih dalam kondisi idealisnya tanpa melihat perspektif konsumen namun safety, ketangguhan, kualitas material tidak diragukan lahi.semua berpulang pada mindset konsumen yg telah dibentuk oleh jepang berbuah hingga saat ini tidak hanya indonesia tapi dunia pun mengakuinya, yg akhirnya semua org berpikiran sama (kijang tiada duanya hehehehe) produk jepang lebih baik ini bentuk pemikiran orang kebanyakan. berbeda juga dengan pemikiran konsumen mobil eropa yang masih mengutamakan keselamatan dan kenyamanan adalah prioritas utama.
saya sendiri hingga saat ini masih setia dengan bmw tua e36 meski boros, tp kenyamanan, keselamatan, dan material yg tangguh setidaknya masih dalam pertimbangan yg worth it to buy. dan setelah saya bandingkan yg sekelasnya dengan mobil jepang even its a new car, masih belum ketemu yg seenak ini, no offence ya yg megang mobil jepang. udh berapa kali disenggol, nabrak pager, serempet, alhamdulillah niy mobil kuat materialnya hanya cat yg baret dikit tinggal kasih meguire beres, mungkin karena platnya yg tebel, so i think its worth it. tinggal mindset kita sebagai konsumen yg bijak memilih mana yg paling menguntungkan, jepang atau eropa.

34. ari - 3 Februari 2013

Mobil jepang itu platnya juga kuat kuat..
mungki agan melihat mobil jepang hanya pada mobil mobil keluarga sekarang
mobil seperti itu karena mesinnya kecil dan owernya juga standar..
Coba kayak mobil Lancer evo,Subaru Impereza,Pajero,Outlander,Fortuner
Emng tipis kyak kaleng kerupuk…?

adi - 11 Maret 2013

tetep tipis bro…. coba bandingin sama mobil eropa yang sekelas. kayak mercy c class, peugeot 3008, bmw E90 , volvo xc90 tipis mana??? BTW saya pernah lihat pameran fortuner dan saya ketok tuh astra mobil, waduh kok mobil sebesar gini besinya kayak kaleng krupuk yaa??? terus waktu pulang saya coba ketok volvo xc90 saya. wahhh beda baget tebelnya broo..
EUROPEAN CAR IS THE BEST………..

Just sharing, but that is realistic

regrads

35. Ricky - 6 Februari 2013

Ikut nimbrung yaaa….
Kebetulan saya penggemar mobil hatchback jadul, selama ini saya banyak mempelajari mobil yg saya miliki (Toyota Starlet) sampe di ubek2 ke akar2nya hihihi… Dan hingga saat ini saya juga masih aktif di salah satu klub starlet terbesar di Indo. Mobil saya ini sudah banyak sekali mengalami pembenahan di semua sektor. Mulai dari interior,eksterior,kelistrikan,suspensi hingga optimalisasi mesin.
Sampe suatu saat saya merasa perlu menambah 1 kendaraan lg utk istri saya,karena bajet terbatas dan keinginan untuk mendapatkan kenyamanan lebih, saya memberanikan diri mencoba membeli Peugeot 206, automatic th 2003 (beda 10 th ama starlet saya) meskipun tdk sedikit yg memberitahu saya kabar miring ttg mobil kecil eropa ini.
Yg sy rasakan adalah 206 jauh lebih nyaman dr starlet saya, dan masalah safety dan kenyamanan memang jadi hal penting di mobil eropa ini, saya pernah bandingkan head2head pintu starlet vs 206. Dari sini saja sudah terlihat perbedaan yang signifikan. Dari teknologi juga sudah jauh lebih baik. Memang dari segi usia jelas beda jauh, terpaut 10 tahun. Sepertinya sangat tidak apple to apple untuk masa pakai kendaraan. Tetapi dari segi harga dan apa yg kita dapat, sepertinya mobil eropa bisa jadi pertimbangan.
Untuk kasus saya, pilihan jatuh ke peugeot 206 ini karena awalnya saya akan membeli fantastic starlet (turbolook) tahun 1997 akan tetapi mengingat harga mobilnya yang setara dengan peugeot 206 dengan usia yg lebih muda dan fitur kita dapat, sepertinya sangat tidak logis.
Spare parts mobil ini juga tidak membumbung seperti yg diperkirakan, ada yg mahal, ada yg murah. Sama seperti toyota starlet saya, ada yg mahal dan ada yg murah (saya selalu pake original parts toyota).
Jadi, kembali lagi ke masalah mana yg lebih baik? Tentunya kita tinggal menimbang-nimbang, mobil kita akan dipergunakan untuk apa dengan bajet berapa. Hanya saja mobil eropa bekas memiliki harga yang relatif setara drpd mobil jepang yg usianya lebih tua. Untuk perawatan sendiri tidak terpaut jauh selama kita memang niat merawatnya, bukan asal pake dan jual kalo udah ambruk.
Pasar indonesia yang menjadikan mobil jepang terlihat lebih berharga dengan alasan harga jual kembali yg lebih tinggi. Karena bagi saya, kendaraan adalah untuk dipakai, bukan untuk jual beli hehehe…

But still, i love my starlet more! Meskipun saya tidak bisa menyangkal kalo peugeot 206 dengan harga yg hampir setara,memberikan berbagai kenyamanan, safety dan heavy duty yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya :)

Ricky - 6 Februari 2013

Sekedar berbagi pengalaman lagi, starlet saya pernah ciuman ama livina punya tetangga depan rumah, starlet baret di bumper ampe kliatan plastiknya, sementara livina bumper copot, lampu miring, fender depan ringsek. Tanya kenapa?

ardo - 3 September 2013

judulnya kan bagus mana mobil eropa atau jepang, kenapa anda membandingkan mobil jepang ama mobil jepang (Starlet vs Livina)….. Tanya kenapa…????

36. Firman V Al I - 13 Februari 2013

maaf saya mau ikut sharing nih. Saya liat judulnya Mobil Eropa Lebih Bagus daripada Mobil Jepang Kualitasnya…???.

menurut saya memang benar kulitas pabrikan eropa jauh lebih baik dibanding dengan kulitas pabrikan mobil jepang. Kebanyakan pabrikan mobil eropa memilki racikan tersendiri terhadap pembuatan dan pengolahan baja mereka. Susunan molekul bajanya lebih padat daripada buatan jepang. Beberapa orang menyebut kualitas baja yang digunakan pada pabrikan eropa – amerika adalah baja class S (super). sedangkan jepang a (amateer). Kalo tidak percaya silahkan tanya ke Dirgantara Indonesia. buka bumper depan BMW

contoh sederhana bisa dilihat pada kendaraan tua yang sering kita lihat seperti vespa thn 60 hingga bmw type R (hehe … punya saya). Yang masih sanggup berlari hingga saat ini. Padahal suhu udara dan cuaca di Indonesia cukup ekstrim untuk sebuah logam berjalan.

Selain itu, kebanyakan orang eropa minyimpan sesuatu yang disebut (kehormatan dan gengsi) dalam karya mereka (bisa disamakan persepsinya dengan lukisan). kebetulan saya orang seni jadi saya cukup tahu tentang hal ini. Saya bisa menyimpulkan hal ini – karena saya melihat keseriusan dalam tiap detailnya. Kalo anda liat ada kepuasan pembuatnya disini. Jadi ketika anda membeli kendaraaan (anggaplah alfaromeo) anda gak beli sekedar mobil tapi juga karya seni. Menurut saya itu, yang terkadang membuat harganya jauh lebih mahal dari pabrikan negara lain.

Bandingan dengan beberapa pabrikan lain yang hanya mengejar target pasar. contoh sederhana berapa avanza/honda jazz yang ada pada tiap lampu merah berhenti.

mohon maaf sebelumnya, persepsi ini mungkin sulit diterima.

Nugi - 1 Maret 2013

setuju..dengan pendapat dirimu…..

adi - 11 Maret 2013

setujuuuuuuuuu……. sesama pengguna mobil eropa brother. hehehe

seno - 29 Mei 2013

saya setuju dgn persepsi ini, di garasi sya ada vespa sprint veloce 1974, bmw R26 1959 dan vw combi jerman 1974. next buat istri, sya pgn kasih citroen bx, itu jelas bukan kendaraan2 mewah, tp itu semua buat sya mrupakan suatu hasil karya seni dan dibuat bukan cuma sekedar memenuhi kebutuhan sarana transportasi kendaraan, buat pmakai kendaraan eropa itu mungkin lebih ke identitas diri walau sekali lg kendaraannya bukan tipe kendaraan mewah.

peugeot 505 GTi (injection-2200.cc) - 14 Juni 2013

tuhkan bener…eropa gtu looocchhh…hehehe…

37. Alfian Misbah Helmie - 2 Maret 2013

ikut nimbrung…………..
alhamdulillah di garasi masih nyimpen VW Combi th.76,Citoren BX th.90 dan yg paling baru adalah Honda CR-V th.2004
tp kenapa yaa ponakan2 dari saudara klo diajak maen malah seneng naik BX nya ato Combi nya yaa……..???padahal umur ponakan2 dari pak dhe (uwak) masih 3-5 tahun yg notabene di rumah ayahnya ada Alphard th.2010
belum lagi ponakan2 dari pak lek (om) yang umurnya 4-5 th yg notabene di rumah ayahnya baru jaa ambil second Fill Fire (ma’af klo salah ketik) th.2012,tp kenapa yaa mereka (ponakan2) klo pas ke rmh trs ngajak maen itu kok malah ngajaknya seneng pake BX ato Combi nya yaa (saya sendiri sampe heran)
kata mereka (ponakan2) sich klo naik mobil rudal (sebutan BX saya) nie mobil nggak pernah obah (goyang) jd d perjalanan mereka mesti tidur dan nggak mau bangun klo blm nyampe tujuan
belum lagi klo naik mobil lucu (sebutan Combi saya) kata mereka (ponakan2) nie mobil nggak pernah gempa (goyang dahsyat) jd mereka di perjalanan mesti sambil bermain di mobil……….
silahkan di persepsikan sendiri2,ma’af nie cm coment2 + cerita dari ponakan2…………….he..he..hee……………..

seno - 29 Mei 2013

setuju gan, sya pmakai combi’74, and my next car will be a bx gti or TRS, biar makin empuk.

38. acep - 17 Maret 2013

Mobil Eropa emang top dari segi kenyamanan dan keamanan tapi mobil jepang tidak kalah dari segi harga dan mayoritas.. karena rata2 orang indonesia tidak semuanya mengerti mobil eropa maupun Mobil Jepang.. pernah aku lihat dari beberapa kasus mobil Jepang dan mobil eropa berkeliaran di jalan tapi semua itu belum satupun dari mobil tersebut saya punyai. tapi saya hanya berdoa semoga saya bisa kebeli mobil.. amieen….. karena saat ini saya pengguna mobil umum alias angkot :)

Yoga Ramdani - 1 April 2013

hahahaha saya setuju dgn anda sesama org gak pu nya mobil

peugeot 505 GTi (injection-2200.cc) - 14 Juni 2013

lo ajah kali…gw mah punya wew…hehehe…

39. Emhas - 19 Maret 2013

Hadeeuuh… Saya baru bisa nyopir n baru bisa beli mobil. Dapatnya buatan Korea. Emang rasanya bener2 Atoz (baca: atos/bhs Jawa = Keras). Pdhal mimpinya pengen Peugeot 206.. harganya gak beda jauh… Hah, entahlah… smg Atoz-ku baik-baik saja…

40. romy - 25 Maret 2013

Ah sieun bohong..

41. jono96 - 20 April 2013

klo gua sich lebih mantap mobil eropa ….. yg jelas sekarang partya pun buanyaak ga susah dicari……apalagi sekarang juga dah banyak kw nya ………….harga juga murah cari ja di atrium, curug, serpong, dan bengkelya juga dah banyak…..yg penting buat gua keselamatanya dulu coy …….

jeffery - 20 April 2013

Kalau menurut saya, Citroen yang bersuspensi hidropneumatic (Type GS, BX, CX Pallas, Xantia, XM, SM, DS, C5, C6) adalah yang terbaik, krn sampai detik ini pun belum ada 1 mobilpun baik Jepang maupun Eropa yang berani mempromosikan mobilnya dgn melaju cepat (80 km/jam keatas) lalu salah satu ban depannya meletus, kecuali Citroen.
Padahal kecelakaan yang diakibatkan ban meletus sangat banyak terjadi.

seno - 30 Mei 2013

setuju, sistem hidropneumatic punya manfaat heigt corrector, jd biar satu roda copot skalipun, citroen anteng aja dgn 3 rodanya, paling2 nyari2 ban yg tadi copot kemana ya … hehehe …
Mungkin krna perawatan hidropneumatic relatif hrs lebih extra dibanding suspensi konvensional jdnya pabrikan lain anggap tdk akan diterima pasar. Logikanya klo emang kita mengutamakan keselamatan pribadi + anak-istri saat berkendara mobil, menurut sya pilihan brand cenderung ke mobil eropa/amerika yg standar safety-nya lbh bagus.
Tapi persepsi + tujuan tiap org milih & punya mobil beda2, kebanyakan tapi ga semua, org2 kita pilih mobil dri bentuknya yg keren/cakep, gaya, suara mesin halus, safety sih nomor sekian, mau mobilnya dipake di tol limbung or ngelayang jg bodo amat, itu bukan pertimbangan utama. padahal itu bs mmicu kecelakaan.
Persepsi kenyamanan mnurut sya sekarang dah berubah, untuk jaman sekarang mobil itu yg penting AC-nya selalu dingin, ada cd player/radio/tv mini, stationer mesin selalu stabil karena saat ini kebutuhan kenyamanan telah bergeser dari kenyamanan yg dibutuhkan saat mobil melaju menjadi kenyamanan saat kemacetan terjadi. wow …. jd ga heran klo angka kecelakaan di jalanan msh relatif tinggi. maaf klo ada yg ga setuju.

42. Gperbedaan Toyota Corolla Twincam Gti Dan Se | Xpower Penghemat BBM Terbaik Post - 11 Mei 2013

[…] herukun.wordpress.com […]

43. Base Culture - 14 Mei 2013

Kalau dari kontek “Mobil Eropa Lebih Bagus daripada Mobil Jepang Kualitasnya…???”

kalau masalah mobil lebih fair tanya ke tukang valet parking, atau tanya ke cewek cantik yang blom kita kenal…ini cara fair bro…mereka lebih tau selera.

SAYA PRIBADI BERPENDAPAT LEBIH BAGUS EROPA.

Jepang mampu membuat mesih tangguh dan sederhana perawatannya (LOW END)

Untuk yang versi HIGH END, Ribet Tiada Ampun kadang cuman masalah sepele .bisa bikin mogok
contoh “MAZDA RX8, Camry, Lexus” lebih simpel BMW/MERCEDES

Untuk kategory awet dengan catatan sama sama sering dirawat dealer resmi, lebih prefer mobil eropa.
Untuk sparepart mahal, tunggu mobil eropa merek mana dulu, Kalau BMW/MERCEDES Murah.

Kalau untuk safety,kenyamanan/smile driving/waktu macet/elegant/mewah/canggih saya prefer mobil eropa.

Kembali ke masalah filosofi masing masing,…

kalau hanya “pengen mobil”, jepang banyak pilihan tuk “low end”..avanza..terios..xenia…march..dll yang sejenis..tau sendirialh kalau dikendarai seperti apa..tapi bisa dibikin nyaman ditambahin peredam sendiri, tambahin audio sendiri, diganti kaki kaki nya…,interior diganti..pokoke kisaran 20-30 jutaan itu sudah wah dalamnya…

Kalau ingin “KUDA”…naik dibelakang kemudi tersenyum dan turun tersenyum..saya prefer mobil eropa.

Untuk harian kalau masalah irit salah satu, contoh irit volvo s40 daripada suzuki karimun.

Kalau buat performance saya lebih prefer EROPA juga..sangat jarang mobil jepang punya fasilitas “kick down”…salah satu fasilitas yang bikin WOW!!!!

Kalau ingin beli mobil dan dijual lagi nantinya,…jangan sekali kali melirik mobil eropa….

Untuk mobil eropa(VOLVO/BMW/MERCEDES) baik untuk sprint maupun running, >= 180km di tol kanci/padalarang anteng benerrrrrrrrrrrrrrrrrr…!!!!!!!!!!!!!!!!!

coba kalau camry/honda or apalah…masih gluduk gluduk dan goyang…bikin simpenan terbangun dari bobonya

Mobil jepang untuk masalah performance hanya masalah di sprint 1.500 =>..

Sekali lagi untuk masalah mobil jangan percaya dealer dan marketingnya…percayalah pada club mobil yang bersangkutan..

86+ - 3 September 2013

Bandingin mas sama mobil executive japan (Eropa executive semua).. Saya pake Accord 84 Harga cuma 15Juta mas!! Di tol purbaleunyi aja ga ada yg nyusul pake sampe 160 itu gas belum nyampe setengahnya.. manufer stabil tarikan enteng.. Kaki2 nyaman.. Bensin Irit.. Sparepart lebih mahal motor ninja.. Saya ga pernah liat peugeuot 505 lari sampe segitu di tol.. Kalo ada pun pasti keluar asap BIRU.. Mercy tiger juga sama yg mesinnya kayak heligoberrr keselek kentut..

joko - 26 September 2013

ya kalau 505 gr yang karburator memang berat, karena bobotnya berat sekali dan kalau dipacu jadi boros, tapi bukan tidak bisa ya, bahkan 160 itu tidak berasa lho, kalau yang gti itu 180 juga lewat kok.

44. kakher - 16 Mei 2013

Mobil eropa yang pernah saya pake: Pug 505 GR (82), 405 SR (90), 306 ST (96), 307 Sporty (03). Mobil Jepang yang pernah saya pake: Corolla GL (84), Forsa (86), Corona (87), Accord (86), Accord (90), Greco (93), Accord (94), Taruna (2005) Grand Livina (2007). Dari semuanya (meski TIDAK comparable), Pug 505 GR yang paling enak (baik sebagai sopir maupun penumpang)..itu benar-benar mobil “tempur”..blok mesin masih baja (setelah seri 505 blok mesin ganti alumunium)..tidak pernah sekalipun bermasalah..kalo untuk tarikan pendek/spontan, accord paling enak..nyetir pug 505 sama sekali gak terasa capek (biasa luar kota 160km)..dari teknologi, fitur an safety, Pug 307 Sporty (03) yang paling baik (ABS, EBD, BA, rain cencor, auto AC, auto headlamp, immobilizer, pinch protector 4 window, folding mirror, MID, 4 discbrake, 6 airbag, coolbox, drive by wire.. Dari sisi irit, grand livina juaranya..KESIMPULAN: keamanan, fitur, dan kenyamanan eropa lebih baik. Kalo perawatan, ketersediaan suku cadang, resale value, lebih banyak rute dalam kota..Jepang lebih baik. KESIMPULAN AKHIR:..di kepala anda masing-masing..hehehe..

45. knightfal - 19 Mei 2013

Buat saya gampang:

Masih banyak berkeliaran Mercedes W124 (Boxer), W123 (Tiger), W202 (Cibo), atau BMW E30 (Mas Boy), E36, E46, E39 dan Volvo 960, 740, S70 dan Peugeot 206, 307, 406 yang mulus2. Rata2 keluaran dibawah tahun 2000.

Udah susah kita liat dijalanan Toyota Starlet, Kijang Kapsul, Corolla Twin Cam, Mitsubishi Dan Gan, Eterna, Daihatsu Taft, Feroza, Charade, Suzuki Escudo, Vitara, atau Isuzu Panther. Sekalinya ada kondisi nya udah nggak mulus lagi.

Kenapa ?

Buka aja ini:
http://www.ukipme.com/engineoftheyear/archive.php

Mesin buatan Eropa memang lebih durable dibanding Jepang. Bukan canggihan mana or bagusan mana.

Contoh: mesin Mercedes W124 aka Boxer, banyak yang tembus 200.000km dan masih bertenaga. Atau mesin M54 BMW (325/330/528/530/X3/X5) hampir bisa dibilang gak pernah rewel.

Rahasia nya simple
Bawa ke bengkel/ mekanik yang memang ngerti mobil2 Eropa.

Mercy & BMW 180km/h – 200km/h di tol ? Sambil senyum2 dengerin lagu.
Mobil Jepang ??? Gak berani……feel nya nggak dapet.

free mp3 - 22 Mei 2013

setuju!.. eropa lebih mengutamakan kenyaman dalam berkendara.

86+ - 3 September 2013

Mobil europa berkeliaran mulus2 tuh karena sayang mau dijual pasti murah seharga jepang.. Tapi pemiliknya pengen ngejual karena rewel.. Dan spareparts MAHAL … Alhamdulillah saya pernah pake FJ40 ama CJ7 di sekitaran 140km/h masih santai aja ga ribet.. Bensin sama aja kayak mobil europa .. Apalagi bisa gonta ganti mesin karena Chassisnya kuat mobil sekarang? Chassis aja PLAT ditekuk itu gan … FJ40 ato CJ7 Jarang kropos kayak bmw mercy atau peugeot yg taun 70 80an bandingin FJ 40 sama Mitsubhisi Pajero , Bmw x5 , Mercy tipe G dan Fortuner tunggu 20taun lagi.. Mana yg bakal ringsek duluan?

joko - 26 September 2013

Mesin buatan Eropa memang lebih durable dibanding Jepang. Bukan canggihan mana or bagusan mana.

koreksi dikit ya om, untuk durable jepang malah lebih konsen ke sini, jerman itu malah suka bikin mesin canggih (no 1 bmw kedua baru mercy)
w 124 itu memang mobil “gila” kalau mercy sering bikin mobil begini ya bangkrut dong om, jarang yang mau ganti mobil karena saking kuatnya.

mesin jepang durable contoh keluaran isuzu, dieselnya dipakai diseluruh pabrik mobil didunia.

46. pembawa pete - 24 Mei 2013

mobil eropa itu cepat rusak mesinnya,
mobil jepang paling awet, tengahnya baru mobil amerika.
Info ini berdasar survey yg dilakukan oleh perusahaan asuransi mobil di amerika.

yg saya inget posisi 1 adalah honda, disusul toyota / lexus, lalu nissan, mercedes (satu2nya mobil eropa paling awet), volvo, jaguar, suzuki, ford, mazda, subaru …..

posisi bawah ada Mini, BMW, Audi, peugeot, fiat, dll

r2 - 25 Mei 2013

kalau orang yang mengrti mobil,pasti dia akan menjawab mobil eropa itu yang paling bagus.. karna mengutamakan kenyamanan,keselamatan,keamanan… dan naikanya pun mantap..!!!

joko - 26 September 2013

yah ngandelin dari survey….., memang mobil honda yang disurvey itu umurnya baru berapa taun ? apakah perusahaan asuransinya mengcover sampai 20-30 tahun? kalau bisa baru bisa dibilang mobil tangguh macam FJ40 atau hilux suft (mobil oficial resmi para pemberontak di timur tengah, dengan perawatan ala kadarnya)

47. atprana - 29 Mei 2013

Kalau di Indonesia, pasar lebih menghargai mobil yang operationalnya murah. Jadi kualitas bukan utama. Oleh karena itu mobil2 yang spare partnya banyak, ada KW murah nya seperti Toyota yang dipakai angkot dan taxi dll harga jualnya paling bertahan.
Waktu Jepang mulai jual produknya, harganya memang jauh lebih murah dr eropa saat itu, sehingga secara pasar jepang cepat berkembang.
Mobil sekarang Jepang makin membaik di segi mutu dan kenyamanan sedang Eropa harus menginmbangi Jepang dari segi harga tanpa harus menghilangkan mutu
Harus diakui bahwa strategi penjualan Jepang sangat tepat, sehingga bisa menguasai pasar dulu baru kemudian menyempurnakan produk nya.

48. seno - 30 Mei 2013

mobil eropa atau jepang punya keunggulan dan kekurangan tersendiri. tp buat sya pribadi lbh prefer mobil eropa lah, biar ntar bisa diwarisin ke anak. yang penting mobil eropa perawatan/perbaikan dilakukan di bengkel/mekanik ahlinya & jgn coba2 ke bengkel sembarangan.

49. Farhan - 10 Juni 2013

Penyebab mobil eropa mahal itu adalah karena kualitasnya. Orang indonesia kan gak perlu mobil yg kualitasnya berlebihan, tapi gak mau juga yang kualitas jelek banget kayak mobil cina, maka jadilah orang indo banyak beli mobil jepang. Lagipula mobil eropa yang murah paling cuma VW ama puegeot, itupun perawatannya masih susah bagi orang indo.

Soal resale value, tergantung nilai jualnya. Panther itu resale value bagus sebab orang mengincar panther karena ketangguhan mesinnya, kabin lapang, dsb, itulah nilai jualnya yang sulit termakan waktu.

Sedangkan mobil mercy kayak e class, dsb itu resale value anjlok karena nilai jualnya adalah teknologi yang berlimpah, yang lama-lama juga termakan oleh waktu. Dulu mobil cuma mobil mewah yg punya airbag, rem abs, dsb. Sekarang mobil biasa juga udah punya.

Sisanya adalah kegemaran, seperti jeep mercy, jeep wrangler, dsb. Itu harga bekasnya mahal karena penggemarnya banyak, jadi wajar saja harga bekasnya bagus karena banyak yang suka, entah dari sisi penampilannya yg macho, retro, atau karena suka merknya,atau apalah yg juga sulit termakan waktu.

50. peugeot 505 GTi (injection-2200.cc) - 14 Juni 2013

mobil jepang mah mobil’a nenek-nenek wew…hehehe…piisss ahhh….

51. imade wibowo - 14 Juni 2013

Cintailah produk – produk dalam negri, ingat kita semua adalah orang indonesia

farhan - 23 Juni 2013

ya emang ada mobil buatan indonesia…. masa ngomongin mobil luar negeri disalahin

52. Bagas Oke - 1 Juli 2013

kasihan orang-orang miskin yang liat pembicaan ini…mau makan aja sulit. Jadi Beli sesuatu gak usah yang mahal2 dan cari yang efisien aja. ada kelebihan di kasihkan ke yatim piatu dan orang2 yg kurang mampu. mumpung masih hidup..(saya benci, hanya omongin gini aja kayak anak kecil dapat maenan baru. malu brur)

joko - 26 September 2013

tuh denger ya, kalau beli mobil bekas, beli mobil eropa agar ada sisa kelebihannya buat dikasih ke anak yatim piatu, kalau beli mobil bekas merk jepang mahal tidak sebanding dengan isinya. teman saya jual w124 beli avanza malah nombok (wedew)

53. Simarmata - 4 Agustus 2013

ane kerja diperusahaan jepang, disini saya katakan bahwasanya kualiti jelas tidak diperhitungkan. mereka hanya mau untung besar dengan modal yang kecil.

54. Bayu - 25 Agustus 2013

hhhmmmmm……baru bisa ngrasain peugeot 405SRi 1993….alhamdullillah…., nyaman….nggak rewel……

55. 86+ - 3 September 2013

Sebenarnya mobil jepang sama europa ato amrik jaman sekarang sudah standart safety nya , tenaga ato lainnya.. Kalo Body Zaman skr sudah ga ada yang tebal.. Yang aman tuh model CJ7, Toyota Hardtop , Wagooner , Land Rover , atau Hamvi.. Saya ga pernah liat mobil2 diatas ditabrak motor langsung penyok tuh.. Tapi model Avanza, Kijang th2000 keatas, panther , Rush , Xenia atao APV dan lain2 di tabrak motor aja penyoknya kayak nabrak tembok.. Jadi bukan tergantung jepang europa amriknya tapi taun produksinya dan Merk mobilnya sprti FJ40 jepang , CJ7 amrik , Land Rover UK ato australi..

joko - 26 September 2013

wah ga bisa tuh om buat dijadikan gambaran, type diatas adalah kendaraan kebanggaan masing masing pabrik mobil. contoh fj40 itu dibuat diluar pakem kebiasaan mobil jepang. dibuat khusus untuk dipakai digunung. karena toyota dulunya pabrik truk ya jip yang dibuat juga ga kira kira kuatnya. berkat jasa FJ40 ini maka toyota sekarang jadi pabrik mobil terbesar. makanya bos toyota sayang sama ini mobil.

56. tito - 9 September 2013

kalo peugeot 206 kira jira harga pasaran berapa,kekurangan &kelebihannya apa ya akasih

57. sicka ika - 15 September 2013

mobil jpg dan eropa.klw mobil eropa klw udh tua namanya mobil klasik.klw buatan jepang mobil yg udh tua disebut antik.itu bkn isapan jmpol blaka.kata2 klasik dan antik jg mnjabrkan klw klasik ttp byk ditemui dijlnan sdg antik itu berarti langka yg jarang lg kt temui.dimana2 jg ditemui klw mobil eropa ttp brtahan smpai yg kluaran thn 1920 klw mobil buatan jepang yg kluaran thn 60an ja sdh hilang dipasaran.

58. aldan kusuma wibawa - 24 September 2013

mungkin harga second mobil eropa lebih mahal juga karna faktor besarnya tenaga mobil tersebut sehingga jadi lebih boros bbm,,kan sekarang kebanyakan orang lebih suka mobil yang irit tapi nyaman sprti mobil jepang..

59. sewa mobil jakarta - 3 Oktober 2013

Saat ini mobil eropa dan amerika sudah tidak kalah saing lagi dengan pabrikan jepang.

60. Cingruru - 23 Oktober 2013

Ane ada pengalaman. Kurang lebih gini ceritanya Gan:

1. Soal harga baru: tergantung kelasnya. Ane pernah bandingin sedan n hatchback baru di kisaran harga 300-400 jutaan. Yang ane lihat sih untuk sekarang udah sebanding. Contoh: Honda Civic 1.8 MT 2013 dibandrol 360 jutaan (tipe 2.0 diatas 400 juta), Toyota Corolla Altis tipe E (paling murah) juga 353 juta (tipe v/paling mahalnya di atas 400 juta). Bandingannya: Peugeot 408 2.0 dibandrol 340 jutaan, Ford Focus Titanium 2.0 (versi paling mahal) cuma 373 juta. Buat hatchback ada VW Golf TSI (358 juta), Ford Focus sport (353 juta), Peugeot 308 (400 juta). Itu belum diskon lho. Dari pengalaman ane keliling2 dealer, merek Jepang pelit banget kasih diskon. Honda aja udah pake telepon kepala cabang dealer n referensi boss di pabrik cuma bisa kasih 15 juta, Toyota ngga jauh beda. Bandingin sama merek Eropa yang bisa kasih sampe 75 juta (soalnya mereka kejar target bro, jadi kadang mereka ngorbanin margin).

2. Soal harga bekas, sama-sama taulah. Toyota corolla altis 2004 sama BMW 318i 2004 harganya ngga beda jauh, padahal kelasnya beda jauh.

3. Soal kenyamanan: Kalau orang-orang bilang mobil Eropa lebih nyaman, ane sependapat. Jauh malah. Buat agan2 yang belum pernah nyobain mobil Eropa, rasain sendiri deh. Bandingin BMW 520i E34 tahun 1994 sama Toyota Camry keluaran paling baru. BMW tahun 1994 cuma kalah di baunya (karena emang udah tua). Ane pernah test drive Toyota Mark X, Camry baru, n Honda Accord baru, dibanding 3 model itu, ane ngerasa lebih enak bawa Peugeot 408 yang notebene harganya cuma setengahnya.

4. Soal kemewahan, handling, kualitas dan ketebalan : Jelas mobil Eropa Gan. Bandingin aja Audi A4, BMW 320i F30 (OTR sktr 600 juta), Peugeot 508 (sekitar 500 juta) sama Toyota Camry n Honda Accord (OTR sekitar 600 juta juga), atau Toyota Mark X (sekitar 600 juta, tapi diskonnya gedeeeee). Coba deh pegang itu dashboardnya Honda Accord, bukan polyurethane, atau kurang lebih sama kayak avanza, atau ketuk pintunya Camry, mirip kayak ketuk casing PC. Bandingin sama Audi, BMW atau Peugeot yang buat buka pintunya aja, musti pake tenaga ekstra. Untuk presisi juga beda, mobil Eropa QCnya lebih bagus. Coba deh perhatiin detail interiornya yang dari plastik, dari penampakannya aja udah beda.
Buat interior dan teknologi, agan liat sendiri deh apple to apple yang ane sebut tadi.
Kalau untuk handling, tetep Eropa lah. Honda Civic aja (katanya Honda suspensinya bagus n stabil) kalau nikung badan masih kebawa. Kalau dibawa lari masih terasa limbung, bandingin sm VW, Peugeot atau Ford yang sekelas.

5. Soal performance n BBM (bukan whatsapp ye, soalnya BBM sekarang udah bisa di android..): Sejak tahun 2000, Eropa lebih ketat dalam meregulasi emisi, yang efeknya ke konsumsi BBM (kata orang Euro 1, 2, 3, 4, 5 dst). Kalau bilang mobil Eropa itu boros, mungkin buat era 60-90an itu berlaku. Itupun untuk beberapa tipe aja. Contoh: Peugeot 505 GTi sama Toyota Cressida lebih boros mana?
Untuk tipe baru, VW Golf TSi itu bisa sampe 1:22-1:25 lho. Bandingin sama Honda Civic, yang paling banter di 1:18-1:20. Itupun pake transmisi Manual (Golfnya yang matic). BMW 320i F30 itu jauh lebih irit daripada Camry, even dibanding Camry Hybridpun masih ngga beda. Kalau ngga percaya, tanya aja ke salesnya masing-masing.

Buat akselerasi, tetep Eropa. Mesin mobil eropa performancenya bagus, power sama torsinya gede2.

6. Soal maintenance: kadang ini yang jadi perdebatan. Pengalaman ane sih, ongkos bengkelnya BMW E46 ngga beda2 amat sama KIA Picanto 2012. Udah gitu mobil eropa umur sparepartnya panjang. Untuk keluaran sekarang, rekomendasi untuk ganti oli (yang ada di manual book) sekitar 20.000 km. Mobil Jepang paling 10.000. Soal olinya? Sama aja tuh. KIA Picanto aja direkomendasiin untuk pake Total Quartz 9000 — Sama kayak mobil premium. Untuk merek2 Eropa tertentu (BMW, Mercy, Peugeot) malah sekalian paket free maintenance n service 5 tahun, jadi tinggal isi bensin aja.

Just info aja sih Gan. Kalau secara pribadi gw sih prefer mobil Eropa. Soal harga jual yang drop, balik lagi ke diri masing2, buat apa mobil itu dibeli: dipake atau dijual?

yudi - 1 Desember 2013

Cuma nambah dikit gan..
Ane pake bmw jadul, 318i thn 1994 sejak 2004 (mbl second) sampe skrg.
Bbrp teman yg pernah pake mbl ane, (altis, accord,genio, civic dll) byk yg kaget dgn performa mbl jadul ane.
Intinya walaupun mobil eropa jadul ttp perawatan rutin… ya faktanya demikian gan.
Sekarang ane sdh beli lg mpv chevrolet krn ane sdh merasakan nikmatnya mbl eropa.

61. Andi Priono - 8 November 2013

Halah jd bingung…pake Trajet aja ah…harga murah sekelas Inova…wew

62. setyawan dewantara - 26 November 2013

Kalau besar pajak BPKB mobil eropa vs mobil jepang, gmn yak? trims.

63. wow - 6 Desember 2013

klo gue milih mobil eropa

64. Dhean - 26 Desember 2013

Kalo ene sih cuma mau komentar kalo harga jual mah tergantung minat, kalo minat mobil eropa tinggi gw yakin 99% harganya juga pasti tinggi, dikarenakan saat ini orang Indonesia lebih sering minat sama mobil jepang jadi harga jual kembalinya juga tinggi…….

65. basah@gmail.com - 31 Desember 2013

ane pake carnival bikinan korea jg nyaman banget bro….body sama chasis depan tebelan carnie sama jepang punya…he he he pisss

66. aza - 3 Februari 2014

Hmmm…..mbl jepang vs eropa ya ? Sejak th 90an Sy pernah punya mbl jepang galant, eterna, accord, Subaru GSR, corolla 73, mazda 626, kijang kapsul injeksi, panther( 5 merk terakhir mbl jepang ini sudah terjual ). U/mbl eropa sy pakai citroen traction avant th 52( mbl hobi ya ), alfaromeo alfetta, alfasud, volvo 264 gl, 960 turbo, mercy mini, mercy tiger, boxer w124, peugeot 504, 405, 604 ( volvo 960 & mercy boxer masih ada ). Dari mbl sy semua di atas yg paling nyaman suspensinya adalah pug 604, kedua mercy, ketiga volvo. Memang Mobil eropa nyamannya tidak tertandingi. Untuk mbl jepang juga nyaman, tapi masih kalah dengan mbl eropa….

67. Rf - 6 Februari 2014

Knapa jadi sombong2an gini sih haha
mungkin perlu dicatet kalo sebenernya business approach perusahaan mobil eropa, sama asia tuh beda. coba sekali2 browsing jangan mobilnya aja, tapi juga visi misi perusahaannya, latar belakang bisnisnya, pasti ngerti deh kenapa mobil eropa dan jepang bisa beda banget. latar belakang perusahaan beda ya pasti hasilnya juga beda, dan dari sana lu bisa narik kesimpulan kenapa harga, kenyamanan, performa, teknologi n apapun itu dari dua jenis mobil itu bisa beda

jangan “maksain” pendapat berdasarkan apa yg udah lu alamin, krn tiap org pasti punya preference yg berbeda juga
(inget ya gw bilang jgn “maksain”. ngasih pendapat sih boleh asal objektif)

toh gw skrg megang dua mobil, corolla great 1.6 ’94 sama bmw e36 318i ’97, masing2 punya kelebihan kekurangannya masing2 ko. (i’m a sedan lover, not a brand-regionspecific-super-fanboy)

urusan mobil mahal/boros sih tinggal cari duit, meres otak dikit, kan gampang. masih banyak peluang usaha ko di Indonesia. ga usah diambil pusing
it’s that simple, pake apa aja oke asal make nya bikin bahagia.;)

68. dani - 27 Maret 2014

Kalo mobil jepang t
ergantung mo dijual dimana..disitu qualitas diutamakan…

69. hamba allah - 20 April 2014

banyak cingcong semua,,,,,,,,,,pada bisa diem gak tuh yg diatas semua,kkkkkkkkkkkkkkkkkk,,,,mending bicara akhirat,udah pada tamat alquran berapa kali,,,solatnya udah bener gak ,jangan dunia trs yg di bicarakan…..he,,he,,eropa dan jepang dh jelas mereka orang kafir,,,,menurutku mending beli kuda ajah produk dari sang pencipta,,,,,,,,,,,,,wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk,,,,salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: